Jalan di Perbatasan Bogor-Tangerang Rusak Parah

Kamis, 26 Maret 2015 - 03:13 WIB
Jalan di Perbatasan Bogor-Tangerang Rusak Parah
Jalan di Perbatasan Bogor-Tangerang Rusak Parah
A A A
BOGOR - Sedikitnya 80% jalan raya diperbatasan Kabupaten Bogor dengan Kabupaten Tangerang mengalami kerusakan parah, dengan panjang diperkirakan mencapai 23 kilometer.

Puluhan kilometer kerusakan jalan tersebut, sebagian besar berstatus jalan provinsi dan kabupaten yang kualitas jalan tersebut melebihi tonase.

Kerusakan tersebut tersebar di wilayah Bogor bagian Barat. Untuk jalan provinsi terpantau dari mulai Desa Bunar, Kecamatan Cigudeg hingga Kecamatan Parung Panjang sepanjang 15 kilometer dengan status jalan provinsi dan kerusakannya cukup dalam.

Meskipun ada penambalan dan pembetonan jalan, itu hanya dititik-titik lokasi di area PT Perkebunan Nusantara (PTPN) VIII. Selebihnya hingga Jalan M Toha, Parung Panjang, Kabupaten Bogor dan Jalan Raya Legok, Kabupaten Tangerang rusak parah.

Meski kondisi jalan sudah dibeton, namun ketahanannya hanya mencapai tiga hingga enam bulan.

Sekretaris Camat Parung Panjang Icang Alaudin juga membenarkan hal tersebut. Kata dia, jalan yang rusaknya parah itu merupakan jalan provinsi.

"Kalau untuk jalan yang dikelola Pemkab Bogor hanya jalan Gadog-Cikuda, Parung Panjang sepanjang delapan kilometer," katanya di Bogor, Rabu 25 Maret 2015.

Meski demikian, lanjut dia, kerusakan jalan tersebut sudah diupayakan untuk diperbaiki hampir tahun.

"Tapi baru disetujui tahun ini, dan mungkin bulan April atau Juni pengerjaan dibetonnya jalan Kabupaten itu mulai dilaksanakan," tandasnya.

Sementara itu, Budi (43), warga Desa Parung Panjang, Kabupaten Bogor mengaku, jalan yang dikelola Kabupaten Bogor kerusakannya dimulai dari depan kantor desa hingga Cikuda.

"Jalan rusak tersebut sudah lebih dari lima tahun tidak diperbaiki, bahkan kita bersama warga dibantu kepala desa sempat menimbun kerusakan jalan pakai batu dan tanah," ungkapnya.
(mhd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7540 seconds (0.1#10.140)