Pohon Angsana Setinggi 15 Meter Tumbang, Avanza Ringsek

Senin, 16 Maret 2015 - 01:09 WIB
Pohon Angsana Setinggi 15 Meter Tumbang, Avanza Ringsek
Pohon Angsana Setinggi 15 Meter Tumbang, Avanza Ringsek
A A A
BOGOR - Hujan deras disertai angin kencang membuat pohon Angsana setinggi 15 meter dengan diameter 90 centimeter di Jalan Raya Pajajaran, Bogor Tengah, Kota Bogor tumbang menimpa mobil.

Meski tak ada korban jiwa dalam kejadian itu, namun membuat pemilik dan penumpang mobil mengalami kerugian puluhan juta serta penumpangnya trauma.

"Saya dan keluarga rencananya akan jalan-jalan ke Botani Square, akan tetapi pada saat hujan deras, sempat terjebak lampu merah," ujar Ade Kurniawan (47) salah seorang korban di lokasi, Minggu (15/3/2015).

Dia mengatakan, saat itu ia bersama Evi (38) istrinya dan Ipah (7), anak mengendarai mobil Toyota Avanza dengan F 1273 KI Silver, sedang berhenti karena lampu merah tiba-tiba dikagetkan dengan suara keras yang menimpa bagian atas kendaraannya.

"Suaranya sangat keras, tiba-tiba bruk atap mobil langsung remuk. Tapi alhamdulillah anak-anak dan istri saya selamat," jelasnya.

Meski hanya mengalami luka ringan akibat pecahan kaca, akan tetapi kondisi mobilnya rusak parah. Bahkan, kaca depan mobil korban pecah dan dashbord mobil rusak parah.

"Keluarga saya sempat tidak bisa keluar, karena trauma, tapi saya langsung keluar dari pintu sebelah kiri bersama keluarga, karena pintu sebelah kanan rusak dan tidak bisa dibuka," jelasnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Pertamanan Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Kota Bogor, Yadi Karyadi mengatakan, pohon yang tumbang adalah pohon tua. "Pohon ini dikenal kuat, akan tetapi ternyata jika sudah dipenuhi benalu jadi keropos sehingga saat angin kencang mudah tumbang," tandasnya.

Dia menjelaskan, batang pohon masih terlihat kokoh, tidak keropos dimakan rayap dan daunnya pun masih terlihat hijau serta tidak rontok. "Akan tetapi ternyata akar pohon berjamur sehingga tidak kuat untuk menahan batang dan dahan pohon yang akibatnya tumbang, untuk itu kita akan melakukan identifikasi akar agar tidak terulang," ungkapnya.

Untuk menghindari peristiwa serupa serupa, pihaknya bersama Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) bekerjasama dengan Fakultas Kehutanan IPB akan melakukan pemeriksaan pohon lebih intensif. "Insya Allah besok kita bersama IPB akan melakukan pemeriksaan pohon-pohon," katanya.

Berdasarkan data DKP Kota Bogor terdapat 15 ribu pohon tersebar di sejumlah ruas jalan di Kota Bogor dan 212 pohon diantaranya sudah terdeteksi rawan tumbang. "Seperti di Jalan Semeru, Kecamatan Bogor Barat, Jalan Ahmad Yani (Tanah Sareal) dan Jalan Pajajaran (Bogor Utara dan Bogor Tengah," jelasnya.
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3400 seconds (0.1#10.140)