Sistem Pemadam Kebakaran di Wisma Kosgoro Tak Berjalan Baik

Kamis, 12 Maret 2015 - 10:31 WIB
Sistem Pemadam Kebakaran di Wisma Kosgoro Tak Berjalan Baik
Sistem Pemadam Kebakaran di Wisma Kosgoro Tak Berjalan Baik
A A A
JAKARTA - Lambatnya penanganan kebakaran di lantai 16 hingga lantai 20 Wisma Kosgoro, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, tidak hanya disebabkan petugas Pemadam Kebakaran (Damkar). Tetapi, alarm dan hydrant pemadam kebakaran di wisma itu tidak berjalan dengan baik.

"Sistem alarm dan alat pemadam kebakaran di Wisma Kosgoro tidak berjalan dengan baik. Pengelola kurang memperhatikan kesiapan alat-alat tersebut," kata pengamat tata kota dari Universitas Trisakti Nirwono Yoga saat dihubungi Sindonews, Kamis (12/3/2015).

Yoga juga menambahkan, tak hanya Wisma Kosgoro saja yang kurang memerhatikan kesiapan alat-alat pemadam. Gedung yang menjulang tinggi lainnya juga perlu diperiksa dan dirawat dengan baik. (Baca juga: Dinilai Lamban Tangani Kebakaran di Kosgoro, Ini Kata Kadis DPKP)

"Saya rasa tidak hanya Wisma Kosgoro saja yang seperti itu. Untuk itu dinas P2B (Perizinan dan Pengawasan Bangunan) dan Dinas Pemadam Kebakaran harus melakukan audit bangunan terkait kesiapan terhadap kebakaran," terangnya.

Dalam peristiwa kebakaran di Wisma Kosgoro, api mulai muncul sekitar pukul 18.15 WIB, petugas keamanan dan teknisi internal wisma sempat mencoba memadamkan. Karena api makin membesar dan tidak bisa dikuasai, maka mereka langsung menghubungi petugas Damkar.
(mhd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5988 seconds (0.1#10.140)
pixels