Warga Desak Situ Rawa Besar Depok Dinormalisasi

Selasa, 17 Februari 2015 - 16:30 WIB
Warga Desak Situ Rawa Besar Depok Dinormalisasi
Warga Desak Situ Rawa Besar Depok Dinormalisasi
A A A
DEPOK - Warga Kampung Lio, Pancoran Mas, Kota Depok mendesak agar Situ Rawa Besar di wilayah mereka dinormalisasi. Pasalnya, kini kondisi situ memprihatinkan dan sebagian lahan diserobot pengembang. Kini situ seluas 25 hektare di tahun 1975 itu kini menyempit hanya tinggal 13 hektare.

"Masih banyak keramba, eceng gondok, dan sampah. Situ Rawa Besar ini adalah situ yang terkumuh menurut kami," ujar Koordinator Forum Komunikasi Masyarakat Sekitar Stasiun dan Terminal Depok, Idrus Algadri, Selasa (17/2/2015).

Idrus menjelaskan bahwa sedimentasi atau pendangkalan situ diperparah oleh lumpur. Padahal situ tersebut dapat memarkir air mencegah banjir Jakarta.

"Depok ini kan sebagai wilayah penyerapan air. Namun banyak situ berubah fungsi, pemerintah jangan tuduh masyarakat saja dong. Perumnas juga banyak mengambil lahan situ," tukasnya.

Warga berharap situ segera dinormalisasi dan menjadi potensi ekowisata. Selain itu, normalisasi situ juga akan membuat kawasan sekitar tidak lagi tergenang banjir.

"Di area situ ada perahu dan bebek-bebekan yang dikelola Pokja. Normalisasi, jogging track, dan taman wisata itu potensi sebenarnya," tegas Idrus.

Idrus mengungkapkan, Situ Rawa Besar mengelilingi lima RW. Pihaknya berupaya memfasilitasi keinginan masyarakat yang menginginkan situ tersebut dikembangkan menjadi ekowisata dan sesuai fungsinya.

"Kami coba ke Provinsi Jawa Barat, karena katanya ini kewenangan pusat dan provinsi dapat respon baik," tutupnya.
(hyk)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4826 seconds (0.1#10.140)