Jakarta Pusat Bangun Taman Layak Anak

Selasa, 03 Februari 2015 - 01:34 WIB
Jakarta Pusat Bangun Taman Layak Anak
Jakarta Pusat Bangun Taman Layak Anak
A A A
JAKARTA - Pemkot Jakarta Pusat akan menjadikan Taman Tidore sebagi pilot project ruang publik terpadu layak anak. Ini dilakukan untuk mengakomodir kebutuhan anak akan taman yang layak.

Wali Kota Jakarta Pusat Mangara Pardede mengatakan, sejumlah taman di Jakarta Pusat beberapa di antaranya banyak yang berubah fungsi. Mulai dari tempat berjualan para pedagang hingga lokasi pacaran anak-anak muda.

Oleh karena itu Pemkot Jakarta Pusat menggandeng PT Pembangunan Jaya melalui dana CSR perusahaan tersebut untuk membuat taman layak anak."Kita juga libatkan sosiolog Imam B Prasodjo sebagai konseptor taman layak anak ini," kata Mangara Pardede di Jakarta, Senin 2 Februari kemarin.

Mangara menuturkan, secara umum taman tersebut akan mengedepankan kebutuhan anak seperti tempat bermain, ketersediaan alat olah raga dan ruang serbaguna. Diharapkan dengan dibangunnya RPTRA kebutuhan anak akan ruang terbuka hijau tentu dapat di akomodir.

"Kita jadikan Taman Tidore sebagai pilot project. Taman tersebut akan menjadi opsi bagi para orang tua untuk bisa rekreasi dengan biaya yang terbilang murah," tuturnya.

Sementara itu pengamat perkotaan Nirwono Joga mengatakan, Jakarta sebenarnya juga punya beberapa taman kota yang cukup ideal untuk difungsikan sebagai ruang sosial. Sayangnya, kondisi sebagian besar taman kota masih dinilai belum memadai oleh mayoritas publik.

"Faktor kenyamanan dan keamanan masih menjadi pertimbangan utama publik untuk mengunjungi taman kota," katanya. Ini tentunya menjadi tugas bagi instansi terkait untuk memberikan rasa nyaman dan aman masyarakat Ibu Kota yang ingin memanfaatkan keberadaan taman-taman tersebut.
(whb)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3407 seconds (0.1#10.140)