Siaga Banjir, Dinkes Bekasi Siapkan Puskesmas 24 Jam

Senin, 02 Februari 2015 - 01:31 WIB
Siaga Banjir, Dinkes Bekasi Siapkan Puskesmas 24 Jam
Siaga Banjir, Dinkes Bekasi Siapkan Puskesmas 24 Jam
A A A
BEKASI - Dinas Kesehatan (Dinkes) Pemkot Bekasi menyiagakan puskesmas untuk melayani korban banjir di sejumlah titik banjir. Masyarakat yang berada di titik banjir akan dilayani selama 24 jam.

"Sudah kami siagakan dari sekarang," kata Sekretaris Dinas Kesehatan Yasni Rupaidah di Bekasi, Minggu 1 Februari 2015.

Menurut dia, di Kota Bekasi ada 31 puskesmas yang tersebar di 12 kecamatan. Dalam keadaan banjir, puskesmas terdekat otomatis buka selama 24 jam. Hal itu untuk mengantisipasi pasien rujukan.

Selain itu, kata dia, ada tujuh kecamatan yang sudah dipetakan menjadi rawan banjir. Seperti di Kecamatan Jatiasih, Bekasi Selatan, Rawalumbu, Bekasi Timur, Bekasi Utara, Bekasi Barat, dan Pondok Gede.

"Kami koordinasi dengan BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah), dan setiap kelurahan," ujarnya.

Setiap puskesmas akan menyiagakan satu dokter, dan dua perawat. Bahkan, Dinas Kesehatan juga akan menyiagakan dokter di posko banjir.

Untuk berbagai penyakit yang rawan terjadi saat musibah banjir. Misalnya gatal, infeksi saluran pernapasan akut, diare, bahkan demam berdarah dengue.

Sejumlah penyakit tersebut bila tak ditangani secepatnya, dikhawatirkan akan bertambah parah. Penyiagaan pelayanan kesehatan untuk warga ini juga didukung oleh ketersediaan obat.
(mhd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7374 seconds (0.1#10.140)