Ratusan Pohon di Kebon Raya Bogor Rawan Tumbang

Senin, 12 Januari 2015 - 22:29 WIB
Ratusan Pohon di Kebon Raya Bogor Rawan Tumbang
Ratusan Pohon di Kebon Raya Bogor Rawan Tumbang
A A A
BOGOR - Pusat Konservasi Tumbuhan (PKT) Kebon Raya Bogor (KRB) Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) menyatakan ratusan pohon tua berukuran besar di KRB rawan tumbang.

Kepala PKT KRB LIPI Didik Widyatmoko mengatakan, saat ini KRB memiliki 13.729 spesimen pohon/tumbuhan. Dari jumlah tersebut ratusan di antaranyarawan tumbang.

"Soal data pasti jumlahnya saya kurang tahu. Dari pengecekan maupun perawatan petugas di lapangan, ada ratusan yang rawan tumbang (sakit)," kata Didik saat mengunjungi tujuh pasien korban pohon tumbang di RS PMI Bogor, Senin (12/1/2015).

Didik menjelaskan pohon damar agatis yang tumbang hingga menewaskan lima pengunjung bukan tanaman koleksi.

"Tapi usianya sudah ratusan tahun, dan sebagian besar berada di Jalan Astrid," jelasnya.

Didik berjanji akan melakukan pengecekan lebih intensif dengan melibatkan 45 peneliti di KRB.

"Kita akan melakukan pengecekan secara detail selama sepekan terhadap pohon-pohon rawan tumbang itu, khususnya di zona prioritas yang merupakan selalu menjadi pusat keramaian pengunjung," janjinya.

Kepala LIPI Iskandar Zulkarnain mengaku pihaknya belum memiliki peralatan canggih untuk mendeteksi secara dini terhadap tanaman maupun pohon koleksi di KRB.

"Selama ini pengecekan secara berkala bahkan setiap hari hanya melalui kasat mata atau visual petugas di lapangan saja. Kalau alat pendeteksi kesehatan pohon itu belum punya, bahkan belum ada di pasaran," ungkapnya.

Namun, dengan kejadian ini karena minimnya teknologi untuk mendeteksi kesehatan pohon.

"Kejadian ini akan dijadikan bahan agar para peneliti di LIPI membuat alat pendeteksi kesehatan pohon, sehingga kejadian serupa bisa diantisipasi," tandasnya.
(whb)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6312 seconds (0.1#10.140)