Besok, Polisi Periksa Pengelola Kebon Raya Bogor

Senin, 12 Januari 2015 - 20:40 WIB
Besok, Polisi Periksa Pengelola Kebon Raya Bogor
Besok, Polisi Periksa Pengelola Kebon Raya Bogor
A A A
BOGOR - Polres Bogor Kota melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP) di lokasi pohon tumbang di Kebon Raya Bogor (KRB) yang menewaskan lima pengunjung.

Polisi belum bisa menyimpulkan penyebab terjadinya musibah yang maut tersebut.

Kapolres Bogor Kota AKBP Irsan mengatakan, untuk itu hari ini pihaknya mencoba telusuri kronologis tumbangnya pohon tersebut.

Sejauh ini, lanjut Irsan, penyidik sudah memeriksa dua orang. Di mana satu orang dari pihak rombongan korban dan satu orang dari pengelola Kebon Raya Bogor.

‎"Dalam waktu dekat kita juga melakukan pemeriksaan lebih intensif dan detail terhadap pengelola Kebon Raya Bogor yang sehari-hari mengurus pohon tersebut," ungkap Irsan saat memimpin olah TKP di Kebon Raya Bogor, Senin (12/1/2015).

Irsan menuturkan, penyidik belum bisa menarik kesimpulan dugaan terjadinya peristiwa tersebut. Butuh penyelidikan yang lebih mendalam kembali.

"Kita masih menyelidiki bagaimana standar operasional dari maintenance atau perawatan pohon yang tumbang ini,"‎ ujarnya.

Kemudian penyidik juga akan meminta pendapat dari ahli yakni dari Fakultas Kehutanan IPB terkait dengan pendeteksian terhadap kesehatan pohon tersebut.

"Nantinya juga kita akan periksa orang yang lebih mengetahui tentang pohon di KRB ini, apakah pengurus pohon disini sudah menjalankan SOP yang seharusnya atau tidak," paparnya.

Selain itu, Polres Bogor Kota juga akan menyurati pengelola Kebon Raya Bogor untuk menginstruksikan pohon-pohon yang rawan tumbang agar di status quo terlebih dahulu.

"Jadi jangan dikunjungi terlebih dahulu oleh para pengunjung KRB. Agar peristiwa serupa tidak terjadi kembali," pungkasnya.
(whb)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3469 seconds (0.1#10.140)