Pemkot Depok Keruk Situ Pengarengan 4 Meter

Minggu, 07 Desember 2014 - 00:29 WIB
Pemkot Depok Keruk Situ...
Pemkot Depok Keruk Situ Pengarengan 4 Meter
A A A
DEPOK - Pemerintah Kota (Pemkot) Depok melakukan pengerukan Situ Pangarengan dengan kedalaman empat meter. Pasalnya, situ itu kini dipenuhi eceng gondok dan mengalami pendangkalan.

Kepala Dinas Bimasda Kota Depok Yulistiani Mochtar mengatakan, pengerukan diharapkan bisa selesai selama enam bulan. Situ Pengarengan seharusnya bisa menampung air sebanyak 320.000 meter kubik dengan kedalaman empat meter.

"Saat ini, kurang dari segitu," kata Yulistiani kepada wartawan di Depok, Sabtu (6/12/2014).

Sementara itu, Kasi Pembangunan Bimasda Kota Depok Bahtiar Ardiansyah mengatakan, guna mengantisipasi banjir di wilayahnya, ada tiga situ yang harus dinormalisasi. Tapi, Situ Pengarengan diutamakan karena airnya kerap meluap sehingga membahayakan warga Kelurahan Cisalak.

Dia berharap, pengerukan berlangsung lancar meskipun hanya menurunkan satu unit amfibi.

"Kami juga sedang berusaha membeli alat berat lainnya jenis spider. Spider lebih kecil dan bisa masuk ke sungai Kali Laya dan Kali Jantung," katanya.

Air dari Situ Pengarengan memang mengalir ke dua sungai Kali Laya dan Kali Jantung. Akibat tak mampu menampung pasokan air, tanggul di Kali Laya pernah jebol.

Selain mengeruk situ, ucap Bahtiar, petugas Satgas Banjir juga akan diberdayakan untuk menyedot air di pinggir Tol Cinere-Jagorawi dan drainase Jalan Raya Margonda.

"Air di dekat tol itu mengalirnya ke Kali Laya, jadi harus dipantau jangan sampai menggenang jika hujan," ujarnya.
(mhd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0596 seconds (0.1#10.140)