Pemkot Depok Akan Keruk Situ Pengarengan

Senin, 10 November 2014 - 03:45 WIB
Pemkot Depok Akan Keruk Situ Pengarengan
Pemkot Depok Akan Keruk Situ Pengarengan
A A A
JAKARTA - Pemkot Depok akan mengeruk Situ Pengarengan yang berada di Jalan Juanda. Pengerukan itu guna mengantisipasi musim hujan tahun 2014.

Kasie Pembangunan Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air (Bimasda) Kota Depok, Bahtiar Ardiansyah mengatakan, hanya satu situ yang akan dikeruk dinasnya pada hari ini. Namun, pengerukan satu situ tahun ini tetap dilakukan untuk mengantisipasi terjadinya banjir di Depok.

"Rencana awal ada tiga titik situ yang akan dikeruk, namun karena terbatas peraturan masalah lelang, hanya ada satu situ yang akan dikeruk," kata Bahtiar di Depok, Minggu 9 November 2014.

Pengerukan dilakukan dengan menurunkan alat berat amfibi untuk mengangkat encek gondok. Kondisinya saat ini, tanaman air itu memenuhi area situ. Pengerukan dilakukan karena volume air tidak maksimal dan banyak air meluap.

"Ini (pengerukan) sebagai salah satu cara meminimalisir banjir karena mampu menyerap menampung air di kota Depok," ujarnya.

Dengan dilakukan pengerukan maka daya tampung situ akan tambah besar. Diharapkan, usai pengerukan maka volume air bisa lebih banyak ditampung.

"Kalau air banyak ditampung bisa mengurangi banjir," ujarnya.
(mhd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7085 seconds (0.1#10.140)