DKI Diminta Konsisten Sterilisasi Busway

Selasa, 28 Oktober 2014 - 05:12 WIB
DKI Diminta Konsisten Sterilisasi Busway
DKI Diminta Konsisten Sterilisasi Busway
A A A
JAKARTA - Pengamat Transportasi dari Institut Studi Transportasi, Darmaningtyas menegaskan, penindakan terhadap pelanggar yang masuk jalur bus Transjakarta tidak bisa dilakukan sementara.

"Petugas harus bisa konsisten tapi ini tidak. Akibatnya masyarakat kembali berani masuk jalur bus Transjakarta dan yang kembali menjadi korban adalah pengguna angkutan umum," katanya ketika dihubungi, Senin (27/10/2014).

Lebih lanjut Darmaningtyas mengaku pesimis dengan upaya sterilisasi yang dilakukan petugas gabungan. Selama ini masyarakat bisa masuk ke jalur bus Transjakarta di jalur mix traffic, dimana di titik ini tidak ada separator.

Tidak hanya itu banyaknya U turn juga membuat jalur bus Transjakarta tidak bisa steril. Seharusnya ketika anggota yang berwenang tidak bisa melakukan tugasnya maka pemerintah harus bisa men desain jalur agar tidak bisa dengan mudah di lintasi oleh kendaraan lain.

Salah satunya dengan meninggikan separator, sehingga penempatan anggota hanya dilakukan di beberapa mix traffic. Tentunya hal tersebut bisa meminimalisir anggota yang diturunkan.

"Sebenarnya pokok masalah dari sterilisasi jalur bus Transjakarta adalah desain dan kemauan anggota untuk melakukan penindakan secara konsisten," ujarnya.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7298 seconds (0.1#10.140)