Antisipasi Genangan di Jakbar Kurang Maksimal

Kamis, 23 Oktober 2014 - 04:05 WIB
Antisipasi Genangan di Jakbar Kurang Maksimal
Antisipasi Genangan di Jakbar Kurang Maksimal
A A A
JAKARTA - Penanganan genangan di Jakarta Barat belum dilakukan secara maksimal. Karena masih banyak sungai dan saluran air yang belum dinormalisasi.

"Saat ini penangan banjir lebih diprioritaskan untuk bagian Pusat dan Timur Jakarta. Padahal genangan terbanyak kerap terjadi di bagian Barat Jakarta lantaran kondisi geografisnya banyak mengalami penurunan dan sungai-sungainya belum dioptimalkan," kata Pengamat Perkotaan dari Universitas Trisakti Yayat Supriyatna di Jakarta, Rabu 22 Oktober 2014.

Terkait ada usulan Cengkareng Drain untuk mengatasi banjir di Jakarta Barat, Yayat menyambut positif. Menurutnya, apabila air dari Tangerang langsung menuju ke laut dengan alirannya sendiri tanpa melintasi kawasan DKI, tentunya akan mengurangi debit air di kali Cengkareng Drain yang saat ini melintasi Jakarta Barat.

Namun, pembangunannya harus melihat aspek teknis dan non teknisnya, jangan sampai teknisnya saja. Bahkan, kata dia, ini juga yang harus diprioritaskan pemerintahan baru.

"Pak Jokowi harus menangai persoalan ini. Koordinasikan dengan wilayah. Jangan sampai pihak Tangerang merasa keberatan dengan pembangunan tersebut," pungkasnya.

Sebelumnya, dari lima wilayah DKI Jakarta, Jakarta Barat kerap menjadi wilayah yang paling banyak terdapat titik genangan, baik itu di jalan umum ataupun pemukiman. Bahkan, durasi genangan tersebut kerap bertahan dalam waktu yang lama.
(mhd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3973 seconds (0.1#10.140)