30 Persen PNS di Depok Alami Obesitas

Rabu, 22 Oktober 2014 - 02:23 WIB
30 Persen PNS di Depok Alami Obesitas
30 Persen PNS di Depok Alami Obesitas
A A A
DEPOK - Dari 525 PNS di lingkungan Pemkot Depok, 30 persen di antaranya mengalami kelebihan berat badan alias obesitas. Kebanyakan dari mereka yang mengalami obesitas yakni dari pejabat eselon 2, 3, dan 4.

Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Kota Depok Lies Karmawati mengatakan, obesitas itu bisa berkaitan dengan kinerja yang kurang maksimal.

Untuk itu, seluruh PNS Depok yang mengalami kelebihan berat badan akan menjalani tes kebugaran. Tes kebugaran untuk PNS over weight akan dilaksanakan bulan depan.

Tes kebugaran ini diprioritaskan bagi pejabat, karena mereka harus memberikan pelayanan terbaik pada warga.

"Tes untuk over weight nanti ada dua kali. Pertama dengan menggunakan alat ergo circle yang dilaksanakan 24-28 November. Kemudian tes lapangan pada 7 Desember dengan cara lari dengan jarak yang telah ditentukan," kata Lies, Depok, Selasa 21 Oktober 2014.

Tes dengan menggunakan alat ergo circle (sepeda statis) bertujuan untuk memonitor fungsi otot, tulang, syaraf serta aliran darah. Pada tahap ini, pihaknya bekerja sama dengan Balai Kesehatan Olahraga Masyarakat Jawa Barat.

Pada tahap ini, sepeda ergo circle akan diatur dengan waktu antara 10-15 menit dan disesuaikan dengan usia. Sedangkan untuk tes lapangan, PNS harus menjalani lari dengan jarak 1.600 meter dengan waktu yang telah ditentukan.

Penentuan jarak dan waktu baik untuk tes menggunakan ergo circle dan lari ditentukan sesuai dengan usia masing-masing.

"Nanti bisa diketahui, apakah seseorang itu bugar atau tidak dengan menempuh kilometer yang telah ditentukan dengan waktu yang sudah disesuaikan umur seseorang," ujarnya.
(mhd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0221 seconds (0.1#10.140)