Hasil Penyidikan Sementara Penyebab Kapal Dishub Meledak

Senin, 08 September 2014 - 17:26 WIB
Hasil Penyidikan Sementara Penyebab Kapal Dishub Meledak
Hasil Penyidikan Sementara Penyebab Kapal Dishub Meledak
A A A
JAKARTA - Dari hasil penyidikan sementara, ditemukan unsur kelalaian yang membuat kapal milik Dishub DKI meledak dan terbakar.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Rikwanto mengungkapkan, penyidik sudah menemukan adanya unsur kelalaian tersebut.

Unsur kelalaian tersebut, yakni saat mengisi BBM jenis Pertamax, terjadi tumpahan. Namun tumpahan tersebut hanya ditabur dengan deterjen atau bubuk sabun cuci.

"Uap Pertamax sangat tinggi, dan terkumpul di kabin kapal, ruang tertutup itu mengakibatkan gas dan ketika terjadi percikan listrik dari kabel, maka memicu ledakan," ungkap Rikwnato di Malpolda Metro Jaya, Senin (8/9/2014).

Tak hanya itu, lanjut dia, penyidik juga menemukan kabel listrik dibungkus dengan lakban yang tidak sesuai peruntukan. "Ini bisa termasuk kelalaian," tegasnya.

Seperti diketahui, KM Paus milik Dishub DKI terbakar di Pulau Sekati Busung saat kapal menuju Pulau Pramuka. Peristiwa tersebut terjadi sekitar pukul 10.00 WIB, Rabu 27 Agustus lalu.

Sebanyak 32 orang penumpang mengalami luka bakar. Sementara satu korban dikabarkan meninggal dunia karena menderita luka bakar yang sangat parah.
(whb)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5388 seconds (0.1#10.140)