Ini Cara Antisipasi Bullying

Sabtu, 06 September 2014 - 02:02 WIB
Ini Cara Antisipasi Bullying
Ini Cara Antisipasi Bullying
A A A
JAKARTA - Kasus bullying yang kerap terjadi di sekolah antara senior dan junironya dinilai sebagai ajang balas dendam. Hal itu bisa dicegah dengan beberapa aspek, seperti bimbingan dari orang tua.

"Memang harus (dicegah), mulai dari rumah, pendidikan dari orang tua yang harus diajarkan. Komunikasi dengan anak itu penting," kata Pakar Pendidikan dari Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ) Elin Driana saat dihubungi Sindonews, Jumat (5/9/2014).

Tidak hanya orang tua, kata dia, pihak sekolah seperti guru harus mampu memberikan contoh yang baik kepada peserta didiknya. Selain itu, senior juga harus memberikan pendidikan yang baik saat Masa Orientasi Siswa (MOS).

"Harusnya MOS itu peserta didik baru disambut dengan baik, diajarkan adaptasi yang baik, bukan untuk ditakut-takuti dengan banyak hal yang sebenarnya tidak penting," tukasnya.

Kemudian, aspek yang juga tidak kalah penting dan terintegrasi yakni masyarakat di lingkungan peserta didik. Seharusnya, kata Elin, masyarakat juga memberikan angin positif bagi mereka yang masih perlu bimbingan baik rumah maupun sekolah.

"Inilah pekerjaan rumah semua orang, yang terlibat mengenai kasus bullying semua pihak. Semua pihak pun harus bekerja sama untuk membuat anak menjauh dari bullying ini," ujarnya.
(mhd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6191 seconds (0.1#10.140)