Garuda Bangga Cuci Patung Dirgantara

Sabtu, 16 Agustus 2014 - 16:04 WIB
Garuda Bangga Cuci Patung Dirgantara
Garuda Bangga Cuci Patung Dirgantara
A A A
JAKARTA - Bagi sebagian orang mencuci sebuah patung dengan resiko yang tinggi merupakan sebuah momok yang mengerikan. Namun, tim Garuda Adventure justru mengaku senang bisa mencuci benda bersejarah itu.

"Kami bangga bisa menjadi bagian dari pemeliharaan benda bersejarah ini. Karena, selama ini belum ada yang pernah melakukan hal tersebut," kata Ketua Tim Pencuci Patung Dirgantara Mubarok saat berbincang dengan Sindonews, Sabtu (16/8/2014).

Mubarok juga mengatakan, kendala untuk membersihkan Patung Pancoran tersebut karena letaknya di tempat keramaian dan cuaca.

"Kalau angin lagi kenceng kita harus berhati-hati. Kendala lainnya adalah bentuk penyangga patung yang bengkok alias tidak lurus sepenuhnya," tambahnya.

Dia mengaku, menggunakan alat khusus dalam mempermudah pekerjaannya dengan tim pecinta alam asal Ranca Bungur itu.

"Selain alat biasa yang digunakan untuk memanjat, kami juga menggunakan mesin kois semacam katrol atau lift yang berguna untuk mengangkut barang dan orang selama bekerja," jelasnya.

Dia juga mengakui, timnya tidak hanya membersihakn patung, tetapi juga kerap membersihkan gedung-gedung bertingkat tinggi di Jakarta.

"Kita pernah membersihkan gedung pemerintahan, bangunan komersil salah satunya Sarinah Thamrin serta Kedutaan Besar Australia," ujarnya.
(mhd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7795 seconds (0.1#10.140)