Warga Keluhkan Kerusakan Jalan Raya Kedunghalang-Pemda Bogor

Senin, 11 Agustus 2014 - 17:01 WIB
Warga Keluhkan Kerusakan Jalan Raya Kedunghalang-Pemda Bogor
Warga Keluhkan Kerusakan Jalan Raya Kedunghalang-Pemda Bogor
A A A
BOGOR - Lambannya proses perbaikan yang mengakibatkan kemacetan parah di Jalan Raya Pemda, Kelurahan Kedunghalang, Bogor Utara, Kota Bogor, tepatnya mulai dari depan kantor kelurahan hingga SPBU 34-16715, Pangkalan I semakin memprihatinkan.

Kondisi tersebut dikeluhkan para pengguna jalan yang biasa beraktivitas, baik dari arah Kota Bogor maupun dari Cibinong. Pasalnya, jalan yang menghubungkan Kota dan Kabupaten Bogor itu, sudah hampir setahun tidak diperbaiki.

"Sekalipun ada perbaikan, pada awal Juli lalu, itu hanya tambal sulam dengan batu-batu saja. Padahal Pemkot pada bulan Juni lalu sempat memasang spanduk, bahwa jalur tersebut akan diperbaiki dengan cara di beton. Tapi hingga sekarang belum juga," kata Rahardi (45), warga Jalan Pesantren, Kelurahan Kedunghalang, Bogor Utara, Kota Bogor, Senin (11/8/2014).

Hal senada diungkapkan Rilmen Amri (33), warga Graha Indah, Kedunghalang, Bogor Utara, Kota Bogor. Menurutnya, kerusakan jalan di Jalan Raya Kedunghalang-Pemda ini sangat memprihatinkan, tak jarang membuat antrean kendaraan mencapai lima kilometer.

"Khususnya saat hujan turun, karena perbaikan yang hanya ditimbun dengan bebatuan hanya bertahan 1-3 hari saja," keluhnya.

Ia mengaku bingung, alasan pemerintah yang berjanji akan segera membeton jalan tersebut tak kunjung direalisasikan.

"Padahal tak jauh dari lokasi jalan rusak, tepatnya diperbatasan Kota dan Kabupaten Bogor, Kelurahan Sukaraja jalannya enggak terlalu rusak, tapi sudah diaspal dengan kualitas bagus. Sedangkan di Kota Bogor malah sebaliknya," tandas pemilik bengkel di Jalan Raya Kedunghalang-Pemda ini.

Masih di jalur yang sama, sekitar lima kilometer dari jalan rusak di Kedunghalang, terjadi kondisi serupa di simpang Bojong Depok Baru, Kelurahan Sukahati, Cibinong, Kabupaten Bogor.

"Di lokasi ini pada malam hari sering terjadi kecelakaan sepeda motor yang terjatuh karena seluruh badan jalan rusaknya cukup parah, banyak yang berlubang," kata Riski (32), warga Sukahati, Cibinong, Kabupaten Bogor yang sehari-harinya berjualan gorengan di depan Jalan Raya Kedunghalang-Pemda.

Berdasarkan pantauan, kerusakan Jalan Raya Kedunghalang-Pemda, memang cukup parah. Kendaraan roda dua dan roda empat terpaksa harus menurunkan kecepatannya, karena kondisi jalan sudah berbatu dan tak beraspal. Akibatnya kemacetan terjadi hampir setiap hari terjadi jalur tersebut.

Sebelumnya, Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto saat dikonfirmasi terkait lambannya perbaikan kerusakan jalan yang terjadi di sejumlah ruas, mengaku masyarakat harus memahami prosedur perbaikan jalan dan penggunaan anggaran.

"Tapi bagaimanapun kita akan tetap berupaya untuk segera melakukan perbaikan, karena anggaran untuk perbaikan jalan itu prosesnya cukup panjang dan harus lelang terlebih dahulu," ungkapnya.
(mhd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5893 seconds (0.1#10.140)