Disdik Depok akan Buka Sekolah Negeri Petang

Kamis, 10 Juli 2014 - 16:15 WIB
Disdik Depok akan Buka Sekolah Negeri Petang
Disdik Depok akan Buka Sekolah Negeri Petang
A A A
DEPOK - Dinas Pendidikan Kota Depok akan membuka sekolah negeri petang pada tahun ajaran baru. Hal itu dilakukan lantaran membludaknya jumlah lulusan di Depok namun kuota sekolah negeri tidak memadai.

Sehingga banyak siswa lulusan Depok yang meneruskan ke luar wilayah. Sekolah negeri petang yang dibuat nantinya mulai dari jenjang SMP, SMA dan SMK.

Kepala Disdik Kota Depok, Hery Pansila mengatakan, rencana ini akan dilakukan mengingat Depok masih butuh sekolah negeri. Karena sekolah yang ada sudah tidak memadai lagi.

Dari data yang dimiliki pihaknya, jumlah lulusan SD dan SMP meningkat tiap tahun. Namun tidak dibarengi dengan penambahan jumlah sekolah. Sehingga keberadaan sekolah negeri petang mendesak dibutuhkan di Depok.

"Ini untuk memberikan pelayanan maksimal kepada warga negara. Sebanyak mungkin siswa harus tertampung di sekolah negeri karena ini adalah kewajiban pemerintah kota," kata Hery, Kamis (10/7/2014).

Saat ini, lulusan tingkat SD saja sekitar 30 ribu siswa. Namun daya tampung SMP negeri dan swasta di Depok hanya 22 ribu siswa. Sehingga ada sekitar 8.000 siswa lulusan yang tidak tertampung dan harus bersekolah di luar Depok.

Untuk tingkat SMP, jumlah lulusan mencapai 20 ribu siswa. Dan yang tertampung di SMA dan SMK negeri hanya 15 ribu saja.

"Apabila ada sekolah petang negeri ini nanti, dapat menyerap siswa sebesar 25-35 persen," ujarnya.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7114 seconds (0.1#10.140)