Rencana Jokowi Bangun Waduk Ciawi Gagal

Selasa, 01 Juli 2014 - 09:27 WIB
Rencana Jokowi Bangun...
Rencana Jokowi Bangun Waduk Ciawi Gagal
A A A
JAKARTA - Rencana pembangunan Waduk di Ciawi, Bogor untuk mengatasi banjir di Jakarta dipastikan gagal. Pasalnya, Pemprov DKI mencoret rencana pembangunan waduk Ciawi karena hingga kini tidak ada realisasi lanjutan sehingga mengalihkan anggaran yang sudah dibuat untuk kegiatan lain.

‪Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) DKI Jakarta Andi Baso Mappapoleonro mengatakan, ada beberapa anggaran yang terpaksa dialihkan karena tidak berjalan tahun ini.

Program yang tidak terlaksana tahun ini adalah pembangunan stasiun bahan bakar gas senilai Rp610 miliar, pengadaan bus Transjakarta Rp3,2 triliun, dan Dinas Pendidikan DKI Rp1,4 miliar.

"Ada juga anggaran senilai Rp770 miliar yang dibatalkan karena tidak juga terlaksana," katanya kepada wartawan di Balai Kota DKI Jakarta, Selasa (1/7/2014).

Andi Baso merinci Rp770 miliar yang dialihkan antara lain pembuatan waduk Ciawi oleh Dinas PU DKI senilai Rp195 miliar, rehabilitasi gelanggang olah raga oleh Dinas Olahraga dan Pemuda senilai Rp50 miliar. (Baca: Jakarta Banjir, PU Genjot Pembangunan Waduk Ciawi)

Pembangunan rumah pompa di 5 lokasi sekira Rp5 miliar, dan pembebasan lahan untuk ruang terbuka hijau dari Dinas Pertamanan dan Pemakaman Rp14 miliar.

"Dinas-dinas ini anggarannya kami alihkan karena tidak bisa menyerap lahan. Kebanyakan masalahnya pada pembebasan lahan," tukasnya.

Sebagai contoh Andi menjelaskan bahwa mata anggaran pembangunan Waduk Ciawi senilai Rp195 miliar dicoret karena hingga saat ini belum ada kelanjutan rencana pembangunan waduk tersebut. (Baca: Jokowi-Heryawan Bakal Bangun Waduk di Ciawi)

‪"Belum ada sosialisasi, inventarisasi, penggambaran, negosiasi, dan banyak surat lahan yang tidak dipercaya," katanya.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.5166 seconds (0.1#10.140)