Gagal Berangkat, Calhaj Mengamuk di Kantor KPS

Selasa, 10 Juni 2014 - 11:55 WIB
Gagal Berangkat, Calhaj Mengamuk di Kantor KPS
Gagal Berangkat, Calhaj Mengamuk di Kantor KPS
A A A
JAKARTA - Puluhan calon jemaah haji (calhaj) mengamuk di depan Kantor Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Multi Niaga. Kantor yang terletak di Jalan Matraman Raya, Jakarta Timur, itu merupakan kantor pengurusan pemberangkatan haji yang diduga ilegal.

Para calon jemaah haji yang mendaftarkan diri untuk berangkat pada tahun 2014 ini merasa ditipu oleh KSP tersebut. Hal itu lantaran, dari 360 orang dari total keseluruhan jemaah, gagal berangkat ke Tanah Suci.

"Jumlah jemaah ada 360 orang berasal dari seluruh Indonesia yang mendaftar di KSP ini, namun semuanya gagal berangkat dan 228 tidak dikembalikan uangnya," ujar Azyar (60), calhaj asal Pariaman, Sumatera Barat, Selasa (10/6/2014).

Azyar menjelaskan, padahal semua calhaj telah mengeluarkan uang sebesar Rp18 juta sampai Rp45 juta per orang. Pihak perusahaan telah mengembalikan uang sekira Rp3,5 miliar kepada 132 calhaj yang berdomisili di kawasan Cibubur dan Bumi Serpong Damai (BSD), sedangkan 228 orang lainnya, masih belum dikembalikan.

"Sisanya yang masih belum dikembalikan sekitar Rp6,11 miliar. Kita sudah laporkan ini ke polisi, kami cuma menuntut uang kami kembali," tegasnya.

Berdasarkan pantauan di lokasi, sekitar 35 orang calhaj yang gagal berangkat, mengamuk dan melempari barang-barang kantor tersebut. Bahkan beberapa calhaj wanita histeris hingga pingsan di lokasi.
(mhd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8988 seconds (0.1#10.140)