Anak tega bunuh ibu karena tak bisa merawat

Selasa, 13 Mei 2014 - 10:47 WIB
Anak tega bunuh ibu karena tak bisa merawat
Anak tega bunuh ibu karena tak bisa merawat
A A A
Sindonews.com - Kasus bunuh diri yang dilakukan anak dan orangtua di Tangerang Selatan (Tangsel) bukan karena faktor ekonomi. Tetapi, ada persoalan lain yang melatar belakangi si anak membunuh ibunya kemudian dia bunuh diri.

"Bisa saja ada persoalan lain. Dalam hal ini saya tidak melihat dari single factor. Dugaan lainnya misalnya, anak itu merasa kesulitan merawat ibunya yang sudah tua. Dan motif ekonomi dijadikan alasan," kata Psikolog dari Universitas Indonesia (UI) Enoch Markum di Depok, Selasa (13/5/2014).

Selain itu, Enoch juga menilai, si anak sedang dalam keadaan jenuh akibat permasalahan yang sedang dihadapinya. Misalnya, kata dia, pelaku merasa bosan dan kesulitan merawat ibunya. Kemudian ditambah dengan kondisi ekonomi yang memang sudah memberatkan kondisi pelaku.

"Menghadapi pekerjaan yang sama dan kondisi yang sama bisa menyebabkan dia berada dalam posisi jenuh. Kejenuhan tersebut lalu meledak (burn out)," tukasnya.

Gejala burn out, sambung Enoch, disebabkan anak itu menghadapi situasi yang rutin setiap hari. Mulanya, dia hanya memendam situasi yang tidak enak itu sendiri. Namun lama kelamaan dia tidak lagi mampu menahan dan akhirnya mengalami kejenuhan.

"Gejala ini (burn out) bisa meledak ketika seseorang sudah berada dititik jenuh ditambah dengan kondisi lainnya," ungkapnya.

Baca:
Anak racuni ibu hingga tewas
(mhd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6746 seconds (0.1#10.140)