Orangtua harus peka melihat perubahan perilaku anaknya

Kamis, 08 Mei 2014 - 15:34 WIB
Orangtua harus peka melihat perubahan perilaku anaknya
Orangtua harus peka melihat perubahan perilaku anaknya
A A A
Sindonews.com - Maraknya kasus paedofilia di Indonesia harus diwaspadai oleh seluruh orangtua. Tak hanya itu, orangtua juga harus bisa melihat perubahan perilaku anaknya untuk mengetahui apakah anaknya ikut menjadi korban atau tidak.

Menurut Psikolog klinis dari Universitas Indonesia, Winarini Wilman, cukup sulit untuk menentukan ciri-ciri orang menderita kelainan seperti paedofilia.

Tak hanya pelaku, untuk mengetahui anak yang menjadi korban paedofilia juga butuh waktu. Karena anak sendiri tak sadar kalau sudah menjadi korban.

"Ketauannya ketika korban disakiti oleh paedofilia secara psikis maupun secara fisik," ujar salah satu dosen di Fakultas Psikologi UI saat dihubungi oleh Sindonews, Kamis (8/5/2014).

Modusnya sendiri, lanjut Wina, pelaku paedofil akan mengemas perbuatannya dalam bentuk rasa 'sayang'. Disini, korban yang tak menyadari karena masih lugu menurut dan menerima kasih sayang yang tidak biasa dari orang yang lebih tua tersebut.

"Korbannya menikmati saja, menerima kasih sayang itu dan baru ketahuan jika memang korban sudah mulai merasa kesakitan," ujarnya.

Kemudian pemberian hadiah (iming-imingi) juga bisa terjadi pelecehan sebagai bentuk tanda 'sayang' itu.

"Kalau sudah ada yang gak beres kemudian korban kesakitan, untuk menceritakan saja sudah ada rasa takut, malu seperti itu sehingga anak cenderung untuk memendamnya," katanya.

Disini, orangtua harus peka melihat perubahan anaknya untuk mengetahui apakah anaknya menjadi korban paedofil atau tidak. Karena biasanya anak yang menjadi korban paedofil akan cenderung diam dan menutup diri.

"Biasanya ada perubahan perilaku yang tidak biasa, disini orangtua harus peka," pungkasnya.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5953 seconds (0.1#10.140)