STIP disarankan benahi metode pendidikan

Selasa, 29 April 2014 - 15:35 WIB
STIP disarankan benahi metode pendidikan
STIP disarankan benahi metode pendidikan
A A A
Sindonews.com - Kriminolog dari Universitas Indonesia (UI) Bambang Widodo Umar menuturkan, pihak Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran (STIP) harus melakukan pembenahan metode pendidikan.

Reaksi atas meninggalnya taruna tingkat I, Dimas Dikita Handoko STIP Cilincing, kata Bambang, tidak hanya cukup dengan menghukum taruna yang bersalah.

"STIP perlu membenahi metode pendidikan yang masih berlangsung seperti militer," kata Bambang ketika dihubungi, Selasa (29/4/2014).

Jika tidak, ungkapnya, dapat dipastikan suatu saat nanti kejadian serupa bisa terulang. Sehingga pembenahan pendidikan sangat mutlak dalam hal ini. Setidaknya, Bambang menyarankan tiga hal yang harus dibenahi oleh STIP.

"Membangun disiplin yang hidup bagi tarunanya. Dan bukan disiplin yang mati dengan cara kekerasan," tukasnya.

Kedua, dari sisi hubungan senior dan junior harus juga diperbaiki. Artinya, hubungan antara senior dan junior tidak bersifat hirarki.

Ketiga, soal tehnik pengajaran yang tidak bersifat instruktif. "Tetapi harus bersifat dialogis," saran Bambang.

Bambang menuturkan, metode itu diyakini bisa mencegah terjadinya tindak kekerasan di lembaga pendidikan semacam lainnya. Mengingat, taruna STIP nantinya adalah aparat sipil dan bukan militer.

"Maka pendekatan pendidikan juga harus manusiawi," tutupnya.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8046 seconds (0.1#10.140)