PNS obesitas akan di plonco

Jum'at, 18 April 2014 - 15:00 WIB
PNS obesitas akan di plonco
PNS obesitas akan di plonco
A A A
Sindonews.com - Pekan depan, pegawai negeri sipil (PNS) gendut di Depok harus menjalani tes kebugaran. Hal itu dilakukan agar berat badan mereka kembali ke standar normal sehingga kinerja dapat ditingkatkan.

Mengingat, tubuh yang kelebihan berat badan bisa menghalangi kinerja PNS. Saat ini, Dinas Kesehatan sudah menerima data PNS dari 30 kelurahan dan 15 Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

“Memang belum semuanya kami terima. Kami berharap seluruh datanya sudah kami terima sehingga bisa kami analisis siapa saja PNS yang masuk dalam kategori gemuk,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Depok, Lies Karmawati, Jumat (18/4/2014).

Sebelumnya, pihaknya telah melayangkan surat ke seluruh OPD, UPT hingga tingkat kelurahan untuk mendata PNS yang masuk dalam kategori gemuk. Kemudian, akhir pekan ini akan diumumkan siapa saja nama-nama yang masuk dalam kategori tersebut.

“Kita lihat indeks masa tubuh (IMT) mereka. Yang masuk dalam kategori gemuk dan obesitas harus menjalani tes kebugaran Jumat (24 April 2014),” ungkapnya.

Berdasarkan analisa sementara, lebih banyak PNS yang masuk dalam kategori gemuk. Sehingga diperkirakan pada tes kebugaran nanti diikuti lebih dari 100 PNS.

Lies menambahkan, tes kebugaran bagi PNS gemuk dimaksudkan untuk meningkatkan kinerja dan kualitas pelayanan publik. Tes itu mulai dari tekanan darah sampai jalan atau lari sepanjang 1.600 meter.

PNS yang tidak lulus tes lalu akan diberikan konseling dan bimbingan untuk mengurangi bobot tubuhnya. PNS yang gemuk harus mengurangi makan nasi dan mengganti dengan karbohidrat lain yang kadar glikemiknya rendah.

“Orang dengan berat tubuh tidak ideal cenderung tidak bugar. Dan ini berpengaruh terhadap kinerja,” akunya.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4290 seconds (0.1#10.140)