Berkedok bisnis burung kicau, belasan warga tertipu

Selasa, 01 April 2014 - 19:47 WIB
Berkedok bisnis burung kicau, belasan warga tertipu
Berkedok bisnis burung kicau, belasan warga tertipu
A A A
Sindonews.com - Seorang ibu memperdaya belasan warga Kelurahan Balumbang Jaya, Bogor Barat, Kota Bogor. Berkedok bisnis burung kicau, ibu tiga anak ini berhasil meraup 82 juta.

SR (30) ditangkap di rumah kontrakannya di Cilebut, Bogor. Dihadapan petugas ia berdalih terpaksa menipu berkedok bisnis jual beli burung kicau, lantaran pusing terlilit utang kepada rentenir.

"Pelaku kami tangkap di sebuah rumah kontrakan di kawasan Cilebut, Kabupaten Bogor. Setelah mendapat laporan dari belasan warga yang mengaku telah ditipu olehnya dengan modus bisnis jual burung kicau yang ternyata fiktif," Kapolsek Bogor Barat Kompol Indratriyaningsih di kantornya, Selasa (1/4/2014).

Lebih lanjut ia menjelaskan para korban menyetor uang kepada pelaku. Bahkan ada sorang korban yang menyetor hingga Rp19 juta.

"Belakangan baru diketahui kalau bisnis burung itu fiktif," kata Kompol Indratriyaningsih.

Sementara itu, SR yang ditemui di Mapolsek mengaku nekad melakukan penipuan tersebut, karena terlilit utang kepada seorang rentenir yang mencapai Rp9,5 juta.

"Saya punya hutang sama rentenir. Awalnya cuma Rp1,5 juta, sekarang jadi Rp9,5 juta. Saya bingung bayarnya, uang dari suami cuma buat sehari-hari. Itupun sering kekurangan," kata SR.

Bagi SR yang tidak memiliki penghasilan, pemberian dari sang suami sebesar Rp500 ribu perbulan, dianggapnya tidak pernah cukup untuk menghidupi tiga anaknya.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8492 seconds (0.1#10.140)