Pemda diminta perketan izin mendirikan panti asuhan

Kamis, 27 Februari 2014 - 08:00 WIB
Pemda diminta perketan izin mendirikan panti asuhan
Pemda diminta perketan izin mendirikan panti asuhan
A A A
Sindonews.com - Mencuatnya kasus penyiksaan di Panti Asuhan The Samuel's Home harus dijadikan pembelajaran bagi pemerintah daerah (pemda). Bahkan, pemda harus segera melakukan penyisiran terhadap panti-panti yang berdiri secara ilegal.

"Ini saat yang tepat untuk pemerintah daerah melakukan inspeksi baik itu ke panti asuhan ataupun rumah singgah di wilayah mereka," kata Praktisi Hukum Hermawi Taslim di Depok, Selasa 25 Februari 2014.

Bahkan di juga meminta, agar pemerintah segera memperketat pemberian izin untuk mendirikan panti asuhan. Karena, hal itu juga dinilaim penting untuk pengawasan.

"Selain itu pelajaran lain yang bisa diambil adalah pemerintah sebaiknya memperketat pemberian ijin untuk pendirian panti asuhan dan sejenisnya," ungkapnya.

Menurutnya, kondisi yang terjadi di Panti Asuhan Samuel adalah bentuk dari tindakan eksploitasi anak. Pemilik panti asuhan ingin mengambil keuntungan pribadi dengan memanfaatkan anak-anak tersebut.

"Anak-anak asuh ini secara tidak langsung dibunuh secara perlahan-lahan, dengan disiksa, diberi makanan kadaluarsa. Pemilik panti asuhan ingin mengambil keuntungan dari donasi yang disumbangkan oleh para donatur. Bentuk penyelewengan yang dilakukan adalah dengan tindakan kekerasan, tidak memberikan makan dengan wajar," ujarnya miris.

Baca:
Anak asuh Panti Samuel kerap terluka
(mhd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4021 seconds (0.1#10.140)