Bermodal starter switch, modus baru curanmor

Selasa, 18 Februari 2014 - 19:31 WIB
Bermodal starter switch, modus baru curanmor
Bermodal starter switch, modus baru curanmor
A A A
Sindonews.com - Penggunaan kunci letter T untuk melakukan pencurian kendaraan bermotor (curanmor) sepertinya mulai ditinggalkan oleh para pelaku kejahatan.

Pelaku curanmor mengganti aksi bongkar menggunakan kunci letter T, dengan membawa starter switch sendiri untuk menjalankan kendaraan curian.

Modus baru ini diketahui oleh aparat kepolisian saat menangkap pelaku curanmor di Perumahaan Yasmin, Kota Bogor, Jawa Barat, pada hari ini.

Kasubdit Resmob Ditreskrimum Polda Metro Jaya AKBP Adex Yudiswan mengatakan, pelaku menggunakan starter switch karena lebih mudah dan lebih cepat dibandingkan kunci letter T.

Dalam penangkapan aksi curanmor bermodus starter switch ini, target pelaku masih mobil Carry dan pikap. Alasannya, mobil tersebut kurang diperhatikan pemiliknya.

"Kebanyakan mobil jenis ini jarang ada alarmnya," terangnya di Polda Metro Jaya, Jakarta, Selasa (18/2/2014).

Setelah berhasil masuk ke dalam mobil, sambung Adex, mereka bongkar kunci kontak dan menggantinya dengan kunci kontak atau starter switch yang baru untuk menyalakan mobil.

Selain itu, pelaku masih mengincar mobil yang terparkir di pasar. Kemudian, mobil dijual dengan harga Rp4 sampai Rp6 juta. Mereka tidak perlu uang besar yang penting mobil bisa cepat laku.

Salah seorang pelaku berinisial MN mengatakan, dirinya menggunakan cara itu karena mudah didapat dan belum ada yang menggunakan. "Banyak di pasaran, dan cuma saya yang pakai modus ini," tukasnya.

Pelaku dikenakan Pasal 363 KUHP dengan ancaman hukuman lima tahun penjara.
(mhd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7797 seconds (0.1#10.140)