Depok kirim bantuan ke Gunung Kelud

Selasa, 18 Februari 2014 - 14:14 WIB
Depok kirim bantuan ke Gunung Kelud
Depok kirim bantuan ke Gunung Kelud
A A A
Sindonews.com - Pemerintah Kota (Pemkot) Depok melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) mengirimkan tim medis untuk membantu korban bencana Gunung Kelud, Blitar, Jawa Timur.

Tim medis membawa serta 26 jenis obat-obatan dengan total 20 ribu butir.

Kepala Dinkes Kota Depok Lies Karmawati menerangkan, obat-obatan yang didistribusikan di antaranya antibiotik, obat batuk, pilek, demam, diare hingga tetes mata.

Pihaknya juga akan berkoordinasi dengan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mengenai tim medis dan bantuan yang dikirimkan Pemkot Depok.

"Tenaga kesehatan empat orang, kita pokoknya ikut BNPB, buka dapur umum di sana. Kesehatan kan yang paling dibutuhkan obat batuk, diare, di tempat penampungan pasti terbuka, semua menular dengan mudah, diare, fasilitas MCK terbatas, mungkin kondisi turun, belum lagi sanitasi dan makanan yang kurang memadai," tuturnya di Balai Kota Depok, di Jalan Margonda Raya, Depok, Selasa (18/2/2014).

Mengenai abu vulkanik Gunung Kelud yang sudah menjangkau hingga Sukabumi, Lies mengatakan, belum membahayakan bagi warga Depok dan sekitarnya. Sehingga warga Depok belum memerlukan masker untuk antisipasi.

"Karena hujan tiap hari dan debu langsung jatuh ke tanah tak di udara, memang debu vulkanik yang lembut itu bahayanya kalau hirup, masuk paru-paru, debu potongan dari batuan dan silikal, mata pun bisa iritasi," ujarnya.

Namun kemungkinan abu vulkanik menjangkau Depok dan sekitarnya, akan menjadi kewaspadaan bagi Dinkes Kota Depok.

Dalam kesempatan ini dihadiri oleh Wali Kota Depok Nur Mahmudi Ismail yang langsung melepas keberangkatan tim relawan seperti Taruna Siaga Bencana (Tagana) Kota Depok, petugas medis dan Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Depok ke daerah Gunung Kelud untuk membantu para korban di sana.

Baca:
Gempa Ungaran, kilat bersahutan dari Gunung Merbabu
(mhd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6504 seconds (0.1#10.140)