Kereta Siliwangi diluncurkan rute Sukabumi-Cianjur

Senin, 10 Februari 2014 - 00:30 WIB
Kereta Siliwangi diluncurkan rute Sukabumi-Cianjur
Kereta Siliwangi diluncurkan rute Sukabumi-Cianjur
A A A
Sindonews.com - PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasi (Daop) I meresmikan peluncuran kereta Siliwangi, dengan rute Sukabumi-Cianjur, Sabtu 9 Februari 2014.

Peresmian KA Siliwangi merupakan tindak lanjut dari animo masyarakat yang menggunakan kereta. Tidak hanya itu, dengan adanya moda transportasi ini diharapkan sebagian masyarakat bisa beralih menggunakan kereta.

Kepala Humas PT KAI Daop I Agus Komarudin mengatakan, pihaknya menyediakan enam perjalanan setiap harinya. Tiga perjalanan dari Sukabumi dan tiga Perjalanan dari Cianjur.

Jarak 69 kilometer ini akan ditempuh dalam waktu satu setengah jam. Hal ini karena dalam setiap perjalanan kereta akan berhenti di sembilan stasiun. Ke sembilan stasiun ini adalah Stasiun Sukabumi, Ranji, Gandasoli, Cireungas, Lampegan, Sindang, Cibeber, Cilaku dan Cianjur.

"Meskipun untuk ukuran kereta api lebih lama, ini dikarenakan track lintasannya yang tidak memungkinkan karena naik turun," ujarnya

Lebih lanjut Agus mengatakan, dalam setiap keberangkatan kereta terdiri dari dua kereta kelas eksekutif dan tiga kereta ekonomi. Untuk tarif kelas eksekutif dibandrol dengan harga Rp35.000 sementara untuk ekonomi Rp20.000.

Tidak seperti kereta jarak jauh lainnya yang dapat dipesan H- 90. Untuk Kereta Siliwangi hanya bisa dipesan pada H - 30 sebelum keberangkatan.

"Tarif ini merupakan tarif promosi, jadi ke depan mungkin akan ada kenaikan tergantung animo masyarakat," tuturnya.

Subhan, salah seorang warga yang kerap ke Cianjur mengaku senang dengan diluncurkannya kereta Siliwangi. Dengan demikian, dirinya memiliki alternatif transportasi jika hendak ke Cianjur.

Menurutnya jalur Cianjur selain dari sukabumi juga bisa dilalu dari Puncak. Namun kedua jalur tersebut bisa dipastikan selalu padat pada akhir pekan.

"Dengan adanya KA Siliwangi, tentu masyarakat bisa lebih menghemat waktu dalam melakukan perjalanan," ujarnya.

Namun dirinya keberatan dengan tarif yang ada. Pasalnya dengan jarak 69 km, seharusnya bisa lebih murah. Dirinya membandingkan dengan kereta commuterline dari Bogor hingga Jakarta hanya Rp5.000. "Saya rasa tarif yang ideal berkisar antara Rp10.000-15.000," ujarnya.

Seperti diketahui sebelum meluncurkan kereta Siliwangi, PT KAI Daop I juga telah meluncurkan Kereta Pangrango pada 9 November 2013.

Keberangkatan Sukabumi pukul 04.30 WIB, 09.25 WIB dan 15.00 WIB. Sedangkan keberangkatan dari Cianjur pukul 07.00 WIB, 14.20 WIB dan 17.40 WIB.
(mhd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5349 seconds (0.1#10.140)