4 rumah di Pesanggrahan terbawa longsor

Rabu, 29 Januari 2014 - 13:21 WIB
4 rumah di Pesanggrahan terbawa longsor
4 rumah di Pesanggrahan terbawa longsor
A A A
Sindonews.com - Hujan deras yang mengguyur Jakarta membuat bantaran Kali Pesanggrahan di RT 02/01, Kelurahan Pesanggrahan, Jakarta Selatan longsor. Akibatnya, empat rumah yang berada di bantaran kali tersebut hancur.

"Kejadiannya sekitar jam 12 malam tadi, saat hujan sedang deras sekali," ujar Sumiyati (42) salah satu pemilik rumah yang longsor, Rabu (29/1/2014).

Menurut Sumiyati, rumahnya yang bernomor 54 hancur pada bagian depan. Saat berusaha menyelamatkan diri, ia mengalami luka dibagian tangan.

"Pas ada bunyi gemuruh, saya turun dari lantai dua dan melihat ada longsoran. Depan rumah sudah longsor, jadi saya lompat lewat depan karena tidak mempunyai pintu belakang," jelasnya.

Kebanyakan kerusakan terjadi pada bagian teras rumah. Hanya ada satu rumah yang bagian dapurnya longsor, sehingga terlihat bagian dalam dari rumahnya.

Rumah-rumah yang terkena dampak longsor ini memang berada di pinggir tebing perbatasan dengan proyek normalisasi Kali Pesanggrahan. Sebelumnya kawasan tersebut memang direncanakan untuk dibangun turap.

Camat Pesanggrahan Eko Suroyo mengatakan ada 8 KK dengan 31 jiwa yang menghuni rumah-rumah yang terdampak tanah longsor tersebut. Saat ini para korban diungsikan lebih dahulu ke rumah warga yang aman.

"Ada rumah warga kosong ya kita ungsikan disitu. Kebutuhan natura juga sudah diberikan," ujarnya ketika dihubungi.

Saat ini, pihak kontraktor normalisasi Kali Pesanggrahan mengerjakan pembuatan turap sementara. Turap disusun dari karung-karung tanah yang dipadatkan agar tanah tidak longsor lebih banyak.

"Dibantu excavator membuat turap sementara, agar longsornya tidak meluas. Memang turap ini masuk dalam program normalisasi Kali Pesanggrahan, jadi tanggung jawab mereka," tandasnya.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8885 seconds (0.1#10.140)