Sutiyoso pesimis Jokowi bisa bangun waduk & sodetan

Minggu, 26 Januari 2014 - 13:50 WIB
Sutiyoso pesimis Jokowi bisa bangun waduk & sodetan
Sutiyoso pesimis Jokowi bisa bangun waduk & sodetan
A A A
Sindonews.com - Mantan Gubernur DKI Jakarta Sutiyoso mengaku pesimis upaya pembangunan dua waduk dan sodetan Ciliwung-Cisadane di Bogor untuk mengatasi banjir Jakarta dapat terealisasi oleh Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi).

"Soalnya, pada saat saya menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta sudah sering koordinasi dengan pemda tingkat kota/kabupaten maupun Pemprov Jabar, tapi selalu terkendala dengan kewenangan dan kepentingan masing-masing daerah," kata Sutiyoso saat mengunjungi Bendung Katulampa, Bogor, Minggu (26/1/2014).

Lebih lanjut, ia mengatakan, solusinya agar waduk dan sodetan yang bertujuan untuk mengatasi banjir ibukot itu terealisasi harus ditangani oleh pemerintah pusat. "Tidak cukup oleh DKI, Kementerian Pekerjaan Umum dan Gubernur Jawa Barat saja. Tapi harus presiden langsung yang mengeluarkan Keputusan Presiden (Keppres)," tandasnya.

Selain itu, konsep megapolitan yang dirancang saat masa kepemimpinannya juga sudah cukup efektif untuk mengatasi segala persoalan di ibukota maupun kota-kota penyangga lainnya, khususnya masalah banjir ini. "Hanya selalu saja terkendala dengan kewenangan. Padahal koordinasi sudah sering kita lakukan," katanya.

Saat ditanya, terkait tudingan Jokowi yang mengatakan bahwa masalah banjir dan solusinya tidak juga terealisasi dikarenakan kesalahan gubernur Jakarta pada masa lalu. "Wah itu saya no comment, biar teman-teman atau masyarakat yang menilai sendiri deh," ungkapnya.

Baca berita:
Jokowi minta masalah sodetan tak dibesar-besarkan
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4922 seconds (0.1#10.140)