Tolak TPA, warga geruduk Kelurahan Pasir Putih

Kamis, 16 Januari 2014 - 12:38 WIB
Tolak TPA, warga geruduk Kelurahan Pasir Putih
Tolak TPA, warga geruduk Kelurahan Pasir Putih
A A A
Sindonews.com - Ratusan warga kelurahan Pasir Putih, Sawangan, Depok, menggelar pertemuan besar di kantor Kelurahan Pasir Putih untuk menolak perluasan Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Cipayung ke wilayah Pasir Putih.

Pertemuan tersebut diumumkan lewat spanduk dan baliho serta selebaran kepada warga yang berjudul 'Hadirilah Penentuan Nasib Warga Pasir Putih Terkait Penolakan TPA Cipayung'.

Sebab, warga menuntut pertanggungjawaban Lurah Pasir Putih Eka Firdaus, karena telah menandatangani secara administrasi tentang perluasan TPA Cipayung. Warga juga melihat sejumlah orang sudah melakukan pengukuran tanah warga untuk memperluas TPA itu.

Ketua RT 006/04 Khairudin mengatakan, warga RW02 dan RW04 adalah yang paling terkena dampaknya. Meskipun begitu, seluruh warga juga mengkhawatirkan bau sampah yang menyengat termasuk truk-truk pengangkut sampah.

"Sudah ada pengukuran, kami mengetahui. Kami dari warga masyarakat Pasir Putih, tidak setuju, menolak keras. Hari ini penentuan nasib kami, mendesak lurah untuk membatalkan," tukasnya di lokasi, Kamis (16/1/2014).

Khaerudin mengakui, DPRD Depok sudah memastikan sebelumnya, bahwa anggaran 2014 tak akan digunakan untuk perluasan TPA Cipayung. Namun, lanjutnya, warga tetap merasa resah jika anggaran tetap dialokasikan untuk memperluas TPA.

"Memasang, katanya sudah akan jadi silpa (sisa anggaran), tak akan ada lagi pembangunan di tahun 2014, tetapi kami takutnya pembangunan tetap dilakukan, kami takutnya pakai ABT, atau anggaran mana, ini perlu dikawal," tegasnya.

Jajaran Polres Depok juga sudah berjaga-jaga di lokasi Kelurahan Pasir Putih. Jika lurah tak mengabulkan tuntutan warga, kata dia, warga mengancam akan menyegel kantor lurah.

Sebelumnya, TPA Cipayung rencananya bakal diperluas ke wilayah Pasir Putih karena sudah kelebihan kapasitas (overload). Warga juga sudah berunjuk rasa ke Balai Kota Depok dua kali.

Baca:
Ditolak warga, dewan tunda pengucuran dana TPA
(mhd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6376 seconds (0.1#10.140)
pixels