Jakarta banjir, Jokowi salahkan cuaca

Senin, 13 Januari 2014 - 19:18 WIB
Jakarta banjir, Jokowi salahkan cuaca
Jakarta banjir, Jokowi salahkan cuaca
A A A
Sindonews.com - Gubernur DKI, Joko Widodo berasalan, bahwa banjir yang melanda Jakarta hari ini lebih disebabkan faktor cuaca.

"Ini murni karena curah hujan tinggi. Karena semua air dari wilayah atas (Kawasan Puncak) masuk ke Jakarta," katanya saat memantau Kampung Pulo, Senin (13/1/2014) sore.

Menurut Jokowi, selain murni masalah cuaca, Ibukota Jakarta juga dilewati 13 sungai besar dan 884 sungai kecil dan saluran penghubung.

Karena di wilayah Puncak, Bogor kemarin hujan sehingga air dari pintu air Katulampa masuk ke Depok kemudian menuju Jakarta.

"Saya pantau pintu air Manggarai, siang masih siaga 4, malam siaga 3 dan tengah malam sudah siaga 2," ujarnya.

Mantan Wali Kota Solo ini menjelaskan, pengerjaan 884 sungai kecil dan saluran penghubung di Ibu kota tidak cukup diselesaikan dalam satu tahun. Saluran penghubung yang sudah dikerjakan sendiri baru berjalan sekitar 20 persen.

"Perkiraan kami 8 tahun baru selesai, karena harus melakukan pengerukan secara total. Waduk-waduk sudah kita keruk, tapi belum selesai," paparnya.

Ia mengungkapkan, selama ini upaya pengerusakan sungai kecil dan saluran penghubung yang dilakukan Pemprov DKI terkendala tidak adanya akses masuk alat berat.

"Bantaran kali banyak hunian, Kali Ciliwung yang menghuni ada 3.000 KK, di Waduk Pluit 7.000 KK," terangnya.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7302 seconds (0.1#10.140)