Tangerang klaim sampah tak masalah

Kamis, 09 Januari 2014 - 15:45 WIB
Tangerang klaim sampah tak masalah
Tangerang klaim sampah tak masalah
A A A
Sindonews.com - Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang mengklaim, Kota Tangerang tidak pernah menjadikan persoalan sampah jadi masalah serius seperti daerah lain.

Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah mengatakan, penanganan masalah sampah telah dilakukan secara komprehensif dan berkesinambungan. Hal itu juga telah dioptimalkan dengan berbagai program yang telah dilakukan oleh Pemkot Tangerang melalui sinergitas antara pemkot dan elemen masyarakat.

"Di Kota Tangerang, sampah tidak menjadi masalah karena selain penyediakan lahan Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Rawa Kucing, pemkot melalui Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) selalu concern dalam mengatasi masalah sampah," kata Arief kepada wartawan di Tangerang, Kamis (9/1/2014).

Setiap harinya, kata Arief, sampah yang dihasilkan masyarakat Kota Tangerang sebanyak 1.500 ton sampah. Dengan kemampuan 165 armada truk, sampah di Kota Tangerang dapat diangkut ke TPA Rawa Kucing hingga mencapai 1.000 ton sampah.

Setiap armada yang dimiliki melakukan pengangkutan sampah sebanyak dua kali dalam sehari. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi tumpukan sampah yang berada di berbagai jalan protokol.

Bahkan Pemkot Tangerang juga menerapkan sistem pengelolaan sampah yang melibatkan berbagai kelompok masyarakat melalui program penerapan bank sampah yang sudah berjalan.

Hingga saat ini bank sampah di kota pemekaran dari Kabupaten Tangerang ini mencapai sekira 175 titik dari rencana 300 titik di tahun 2013.

"Kedepannya Pemkot akan terus melakukan berbagai terobosan dan inovasi terkait pengelolaan sampah dengan mengurangi volume sampah secara efektif, efesien dan ramah lingkungan sehingga dengan sistem tersebut sampah yang diangkut ke TPA dapat berkurang secara optimal," tegasnya.
(mhd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5919 seconds (0.1#10.140)