Jokowi akui Jakarta belum siap hadapi banjir

Kamis, 09 Januari 2014 - 11:57 WIB
Jokowi akui Jakarta belum siap hadapi banjir
Jokowi akui Jakarta belum siap hadapi banjir
A A A
Sindonews.com - Hujan deras yang mengguyur Jakarta kemarin membuat sejumlah kawasan tergenang. Memasuki puncak musim hujan ini, ditegaskan jika Jakarta belum siap menghadapi banjir.

Gubernur DKI, Joko Widodo mengakui jika kesiapan antisipasi banjir di Jakarta lewat program normalisasi waduk, sungai, dan pembangunan sumur resapan belum terealisasi seluruhnya.

"Ini kan kita sudah muter-muter, sudah kita keruk, tapi memang belum rampung semuanya. Kita ngomong apa adanya saja," katanya di Balai Kota, Kamis (9/1/2014).

Walau demikian, lanjut Jokowi, bila melihat hujan kemarin, sungai-sungai dan Waduk Pluit yang sudah dikerjakan cukup optimal menampung air hujan. Tampungan hujan itu kemudian disedot pompa air lalu dibuang ke laut.

Menurutnya, untuk menyelesaikan genangan air di jalan, dibutuhkan sumur resapan sekitar dua juta. Sedangkan yang dikerjakan Dinas Pekerjaan Umum (PU) DKI, baru 1.900 unit.

"Kurang berapa? Kurang banyak sekali toh," tuturnya.

Selain sumur resapan, lanjut Jokowi, Pemprov DKI juga masih menggenjot pembangunan gorong-gorong. Hingga kini, dari 884 gorong, baru 160 yang berhasil diselesaikan sampai akhir tahun kemarin.

"Masih kurang banyak sekali. Gorong-gorong dari 884 itu baru dikerjain 160. Masa suruh rampungin sungai, got sekarang. Kan enggak mungkin," tandasnya.

Baca juga: Genangan perparah lalin di Jakbar
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6095 seconds (0.1#10.140)