Kebakaran jadi topik hangat di UI

Selasa, 07 Januari 2014 - 15:58 WIB
Kebakaran jadi topik hangat di UI
Kebakaran jadi topik hangat di UI
A A A
Sindonews.com - Kebakaran di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia (FISIP UI) masih menjadi topik hangat untuk diperbincangkan seharian ini. Karena, insiden itu jadi perbincangan di kalangan mahasiswa, dosen, hingga tukang ojek dan masyarakat yang melintasi UI.

Tak sedikit jumlah pengendara motor yang berhenti hanya untuk melihat reruntuhan gedung C yang terbakar itu. Meski sedang libur semester, tak sedikit pula mahasiswa yang menengok gedung tersebut.

Topik itu juga hangat diperbincangkan oleh para dosen sosiologi UI yang sedang meminum kopi mampir ke Starbucks Perpustakaan UI. Mereka juga menyesalkan dokumen-dokumen penting yang ikut terbakar.

Mantan Dekan FISIP sekaligus dosen Ilmu Kesejahteraan Sosial Bambang Shergy Laksmono mengakui, memang penting untuk memikirkan perencanaan gedung dan sistem cepat tanggap darurat terhadap kebakaran. Pihaknya selama ini baru sebatas merancang fungsi keamanan dan estetika gedung saja.

"Kita sudah mendalami dan merancang fungsi keamanan dan estetika. Terjadi ternyata malah yang terjadi justru kebakaran dan itu tak masuk dalam perencanaan kami, tetapi kalau keamanan sudah kami antisipasi misalnya lemari besi sudah ada kalau ada pencurian," katanya di FISIP UI Depok, Selasa (7/1/2014).

Saat kejadian, menurut Bambang, seluruh upaya sudah dikerahkan. Salah satunya dengan menyemprotkan Alat Pemadam Kebakaran Ringan (Appar).

"Semua lantai sudah dilengkapi dengan Appar, tetapi ternyata enggak cukup. Enggak cukup menghambat api. Sudah diupayakan oleh petugas untuk menyemprot," jelasnya.

Selain itu, perbincangan hangat soal kebakaran tersebut juga ramai melalui jejaring sosial para mahasiswa UI dan akademisi.

Baca:

Kebakaran di UI hanguskan karya klasik & kontemporer
(mhd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5066 seconds (0.1#10.140)