Dinihari nanti, Terminal Lebak Bulus dikosongkan

Minggu, 05 Januari 2014 - 17:15 WIB
Dinihari nanti, Terminal Lebak Bulus dikosongkan
Dinihari nanti, Terminal Lebak Bulus dikosongkan
A A A
Sindonews.com - Kepala Terminal Lebak Bulus Adjmain mengatakan, bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) di terminalnya akan dihentikan beroperasi mulai pukul 00.00 WIB, Senin (6/1/2013) dinihari nanti.

Ia mengatakan, hari ini bus AKAP dari berbagai Perusahaan Otobus (PO) masih diperbolehkan beroperasi di Terminal Lebak Bulus. Mereka diizinkan menarik penumpang ke luar kota sampai dengan besok malam.

"Besok terakhir, malam baru mulai ditutup pukul 00:00 WIB," kata Adjmain saat ditemui Sindonews di ruangannya, Minggu (5/1/2013).

Ia menerangkan, di terminal ini, sedikitnya ada sekitar 180-200 unit bus dari 80 PO yang beroperasi. Perhari, ratusan bus AKAP itu kurang lebih mengangkut 1000 hingga 1200 penumpang ke luar kota.

"Biasanya sekitar 1.000-1.200 perhari. Tujuan Jawa Tengah Sumatera, Jawa Barat sampai Bali," jelasnya.

Adjmain mengutarakan, ratusan bus AKAP itu akan dipindahkan ke tiga terminal di Jakarta terkait rencana pembangunan depo Mass Rapid Transit (MRT). Ketiga terminal tersebut yakni Kampung Rambutan, Kalideres dan Pulogadung.

"Bus-bus ini nanti dipindahkan ke tiga terminal itu," ucapnya.

Terkait kepindahan itu, lanjut Adjmain, pihaknya menyerahkan sepenuhnya kepada PO bus AKAP yang bersangkutan. Artinya, operator masing-masing bus sendirilah yang mengusulkan akan pindah ke terminal mana saja.

"Itu diserahkan ke PO soal relokasi terminal. Mereka mengusulkan mau pindah ke mana," akunya.

Menurutnya, rencana kepindahan bus AKAP ke terminal lain ini sudah disosialisasikan dari 2011 lalu. Reaksi sopir dan karyawan PO sejak awal memang menolak rencana tersebut.

"Sosialisasi dari tahun 2011. Reaksi penolakan dan demo pasti, tapi mau diapain lagi. Sampai sekarang sudah enggak ada yang demo," tandasnya.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5508 seconds (0.1#10.140)