Samsat Depok waspada e-KTP palsu

Kamis, 02 Januari 2014 - 17:00 WIB
Samsat Depok waspada e-KTP palsu
Samsat Depok waspada e-KTP palsu
A A A
Sindonews.com - Pada hari ini seluruh anggota Samsat Depok mengikuti Pelatihan Pengenalan Spektek KTP Asli bekerja sama dengan Dinas Kependudukan dan catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Depok. Pelatihan ini untuk mengantisipasi peredaran e-KTP palsu.

Pamin STNK Iptu Dodin Awaludin mengatakan, pelatihan ini wajib diikuti seluruh anggota guna mengetahui keabsahan berkas, khususnya keaslian e-KTP. Saat ini, kata Dodin, anggota masih sulit membedakan mana KTP asli dan palsu.

"Karena itu, kita adakan pelatihan untuk mencegah beredarnya KTP palsu. Pelatihan ini sangat bermanfaat agar anggota mengerti dan bisa membedakan KTP asli dan palsu," terangnya kepada wartawan, Kamis (2/1/2014).

Sementara itu Kadisdukcapil Kota Depok Mulyamto menjelaskan untuk mengetahui ciri-ciri KTP palsu yang efektif adalah menggunakan alat berupa card reader sebagai alat deteksi. Alat itu tentu saja harus terkoneksi dengan database, agar dapat diakses data yang terkait dengan e-KTP yang bersangkutan.

"Banyak beredar KTP palsu mulai dari kertas hingga datanya, membedakannya bisa juga dengan melihat KTP milik kita yang asli dengan KTP yang diduga palsu. Namun lebih akurat gunakan card reader," tegasnya.

Kasi Penerimaan dan Penagihan Dispenda Provinsi Jawa Barat Wilayah I/Depok Iwa Sudrajat menyatakan Dispenda sebagai pengelola sarana dan prasarana Samsat siap mendukung Polri untuk mengindentifikasi identitas yang meragukan.

Karena itu, untuk menunjang kelancaran identifikasi tersebut pihaknya akan mengajukan anggaran ke Dispenda Jawa Barat terkait pengadaan alat deteksi berupa card reader.

"Kami siap dan mendukung untuk pengadaan card reader guna kelancaran tugas identifikasi e-KTP," tandas Iwa.
(hyk)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4254 seconds (0.1#10.140)