Cegah narkoba mulai dari tongkrongan anak muda

Jum'at, 13 Desember 2013 - 21:24 WIB
Cegah narkoba mulai dari tongkrongan anak muda
Cegah narkoba mulai dari tongkrongan anak muda
A A A
Sindonews.com - Ancaman bahaya narkoba dapat menghancurkan generasi penerus bangsa. Karena itu, salah satu komunitas penggiat anti narkoba yang bernama Gerakan Anti Narkoba (GAN's) di Depok yang terdiri dari mahasiswa, karyawan, dan guru, berupaya memerangi narkoba di kalangan pelajar dan mahasiswa.

Caranya dengan rutin menggelar razia setiap malam minggu ke sejumlah tempat 'tongkrongan' anak-anak muda biasa berkerumun. Awalnya, mereka melakukan pendekatan personal kepada targetnya.

"Sasaran kami pelajar SMA dan ada juga mahasiswa, anak-anak muda lah kita menjaga wilayah kita, pemuda adik-adik kita. Penyuluhan, dan langsung kita pendekatan personal. Ikut razia tempat tongkrongan sasarannya anak ABG," ujar Penasehat Komunitas GAN's Ibrahim, Jumat (13/12/2013).

Ibrahim menambahkan, tak jarang saat berkumpul di tongkrongan tersebut, anak muda diperingatkan untuk tidak merokok dan hati-hati terindikasi narkoba. Namun tak sedikit dari mereka yang merasa terganggu.

"Dikasih tahu dengan pendekatan personal, awalnya masih menentang, kalau ada yang terdeteksi, kami temui mereka, kita rangkul arahkan ke remaja masjid, kegiatan sosial, dan kerohanian," paparnya.

Bendahara GAN's Depok Pepi Nur Hakim menambahkan, bahwa pihaknya baru sekadar mencegah dan menjaga anak muda di Depok jangan sampai terjerumus narkoba. Salah satunya dengan rangkaian kegiatan tanam pohon yang mereka lakukan hari ini di lapangan Kebon Kopi, Pengasinan, Sawangan, Depok

"Misalnya kreasi seni, bola, dan olah raga. Karena tongkrongan anak muda kan semakin banyak sekarang, apa salahnya kami ajak kepada kegiatan positif, bahkan tak hanya anak muda kami juga sampai ke tingkat dasar sosialisasi bahaya narkoba yakni di tingkat TK dan SD. Tanam pohon dilakukan sebanyak 100 anak dari TK dan SD di Pengasinan, Depok," tutupnya.
(mhd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4929 seconds (0.1#10.140)