Kementerian PU janji bangun 3 waduk di Depok

Kamis, 12 Desember 2013 - 15:47 WIB
Kementerian PU janji bangun 3 waduk di Depok
Kementerian PU janji bangun 3 waduk di Depok
A A A
Sindonews.com - Kementerian Pekerjaan Umum (Kemen PU) memastikan akan membangun waduk di Depok. Namun bukan satu waduk seperti yang diungkapkan Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama sebelumnya, tapi tiga waduk yang dibangun di Depok.

Direktur Bina Penatagunaan Sumber Daya Air Kementerian PU Arie Setiadi mengatakan, pembuatan waduk tersebut menjadi salah satu langkah serius pemerintah untuk menanggulangi banjir di Jakarta. Namun, untuk masalah lokasi persis, dia menjelaskan, proyek tersebut masih dalam tahap studi.

"Bikin waduk kita dukung, kami akan bikin waduk kecil-kecil, sedang dalam studi. Satu waduk yang besar di Ciawi tiga waduk di Depok," terangnya dalam diskusi di Kampus Gunadarma, Depok, Kamis (12/12/2013).

Tiga waduk kecil tersebut, kata Arie, luasnya di bawah 10 hektar. Dia menjelaskan, konsep waduk tersebut akan di dasar Sungai Ciliwung.

"Sehingga Sungai Ciliwung dikeruk di badan sungai kecil-kecil, di bawah 10 hektar luasnya. Rencana ini serius kami jalankan," tegasnya.

Ketiga waduk di Depok tersebut nantinya bisa menahan air 1 juta meter kubik sebelum sampai ke Jakarta. "Fungsinya mempunyai air baku dan mengendalikan banjir," tandasnya.
(mhd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3492 seconds (0.1#10.140)