Dishub khawatir kawasan Halim bakal macet parah

Jum'at, 06 Desember 2013 - 09:35 WIB
Dishub khawatir kawasan...
Dishub khawatir kawasan Halim bakal macet parah
A A A
Sindonews.com - Dinas Perhubungan DKI meminta pemerintah pusat segera memberikan pemberitahuan resmi terkait rencana pemindahan penerbangan komersial dari Bandara Soekarno-Hatta ke Halim Perdana Kusuma.

Pasalnya, apabila rencana itu benar-benar terlaksana, artinya akan ada banyak perjalanan lalu lintas yang masuk melewati daerah Halim Perdana Kusuma di Jakarta Timur.

"Kawasan itu daerah padat. Misalnya persimpangan Universitas Kristen Indonesia (UKI) dan Pusat Grosir Cililitan (PGC)," kata Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Udar Pristono saat dihubungi, Jumat (6/12/2013).

Atas dasar itu, lanjut Udar, pemerintah pusat tidak bisa begitu saja memindahkan penerbangan komersial penumpang dari Bandara Soekarno-Hatta ke Halim Perdana Kusuma. Ada beberapa syarat yang harus lebih dulu dipenuhi khususnya aspek pengaturan lalu lintas.

Ia meminta, pemerintah pusat menjelaskan mengenai skema yang berkaitan dengan berapa kira-kira arus penumpang keluar masuk dari Bandara Halim Perdana Kusuma milik TNI Angkatan Udara (AU) tersebut.

"Itu jalan di dekat Halim kan sempit, mereka juga mesti memikirkan kemacetan akibat lalu lintas penumpang," jelasnya.

Udar menambahkan, apabila landasan udara itu ingin dijadikan tempat penerbangan komersial, pemerintah pusat dan pengelola wajib membangun akses baru untuk memecah kemacetan di sekitar lokasi.

"Pusat kita minta juga merinci akses mana saja yang akan dijadikan jalur keluar masuk dari bandra," tandasnya.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9400 seconds (0.1#10.140)