Jakarta dijadikan destinasi wisata bunga

Kamis, 05 Desember 2013 - 19:15 WIB
Jakarta dijadikan destinasi wisata bunga
Jakarta dijadikan destinasi wisata bunga
A A A
Sindonews.com - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta ingin menjadikan Ibu Kota sebagai destinasi wisata bunga. Sebab, Jakarta memiliki sentra pemasaran dan penjualan bunga serta tanaman hias terbesar di Asia Tenggara, seperti Pasar Bunga Rawa Belong, Kebon Jeruk, Jakarta Barat.

Hal tersebut diungkapkan oleh Deputi Gubernur DKI Jakarta Bidang Pariwisata dan Budaya, Silviana Murni dalam membuka festival Bunga Rawa Belong 2013, di Jakarta, Kamis (5/12/2013).

Menurutnya, sebagai Ibu Kota yang bagian baratnya memiliki pusat penjualan bunga, tidak menutup kemungkinan jika Jakarta menjadi destinati wisata bunga. Terlebih jika pemerintah, dunia usaha dan masyarakat bersatu dalam mengembangkan destinati tersebut.

"Pusat bungsa di Asia Tenggara kan adanya di Rawa Belong, kalau Pasar Bunga Rawa Belong ini memiliki cabang di lima wilayah Jakarta termasuk Kepulauan Seribu, destinasi pasti akan terlahir. Apalagi ditambah tiga komponen yang kuat tersebut," kata Silviana.

Silviana menjelaskan, pihaknya memang akan mencari sejumlah destinasi-destinasi baru di Jakarta. Untuk itu, kata dia, pihaknya berani melayangkan ide menjadikan Jakarta sebagai destinati wisata, mengingat pasar bunga Rawa Belong memiliki potensi tersebut.

Untuk memantapkan ide tersebut, lanjut Silvi, gelaran festival Bunga Rawa Belong 2013 kali ini juga tercatat dalam rekor Musium Rekor Indonesia (Muri) dalam segi 1.000 kursus merangkai bunga di Festival Bunga Rawa Belong 2013.

Selain menjadikan pusat perhatian Dunia khsusunya Indonesia, festival tersebut secara tidak langsung menjadi modal masyarakat untuk maju dan berkembang.

"Jakarta Baru itu kan menjadikan masyarakat menjadi pintar, kenyang perutnya, dan tebal kantongnya. Kalau rekor Muri kali ini adalah kursus merangkai bunga, masayarakat secara otomatis menjadi pintar berdikari, kalau sudah begitu kan ada hasilnya, perutnya kenyang dan kantongnya tebal," jelasnya.
(mhd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5519 seconds (0.1#10.140)