Ratusan motor curian dikirim via jasa ekspedisi

Rabu, 04 Desember 2013 - 17:24 WIB
Ratusan motor curian dikirim via jasa ekspedisi
Ratusan motor curian dikirim via jasa ekspedisi
A A A
Sindonews.com - Terbongkarnya komplotan pencuri sepeda motor di Jakarta Selatan, polisi juga berhasil mengetahui modus pencuri untuk membawa hasil curiannya. Motor yang berhasil di curi, dikirim ke Jawa Timur menggunakan jasa ekspedisi.

Kapolsek Cilandak Kompol Sungkono mengatakan, pihaknya berhasil membongkar jaringan pencuri kendaran bermotor yang biasa beroperasi di Jakarta, Tangerang, dan Bekasi.

"Modus yang biasa digunakan adalah dengan menakuti-nakuti pengendara bahwa dia telah menabrak adiknya pelaku. Selanjutnya, motor korban dibawa kabur pelaku," terangnya, Rabu (5/12/2013).

Kelompok ini biasa menjual barang jarahannya dikawasan Jawa Timur. Sementara, untuk mengirimkan sepeda motor hasil curian tersebut mereka menggunakan jasa ekspedisi.

"Itu dilakukan untuk menutupi pemeriksaan, kalau melalui ekspedisi kan jarang ada pemeriksaan. Seandainya dikirim dengan darat mereka takut terjaring razia," terangnya.

Sekarang, lanjutnya, baru ada 49 unit sepeda motor yang disita, sisanya masih dikumpulkan oleh kepala desa di kawasan Jember. Seluruhnya nanti akan dikirimkan kembali dengan jasa ekspedisi.

Kasubbag Humas Polres Jakarta Selatan, Kompol Aswin menambahkan, dari pengakuan semua tersangka, sebanyak 120 motor sudah dikirim ke daerah melalui kereta api. Sedangkan 50 lainnya melalui truk menuju ke Surabaya.

Paling sedikit kawanan ini mengirimkan dua sampai tiga kendaraan hasil kejahatan. Dia menjelaskan, para pelaku merupakan gabungan dari pemain lama dan pemain baru. Modus dilakukan yakni dengan memepet korban di jalan, meminjam sepeda motor kerabat atau teman kemudian kunci di duplikat.

"Aksinya dilakukan di Cikarang, Tambun, Kota Bekasi, seluruh Jakarta, dan Tangerang," tegasnya.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7507 seconds (0.1#10.140)