DKI akan pekerjakan Hafidz

Senin, 02 Desember 2013 - 16:03 WIB
DKI akan pekerjakan Hafidz
DKI akan pekerjakan Hafidz
A A A
Sindonews.com - Banyaknya penghafal Alquran atau Hafidz yang belum mendapat pekerjaan rupanya mendapat perhatian khusus. Pemerintah Provinsi DKI Jakarta berencana mempekerjakan mereka sebagai penerjemah Alquran dan menyekolahkan mereka agar menjadi dai.

"Di Jakarta ternyata banyak para penghapal Quran, lulusan pesantren, tapi banyak yang tidak kerja atau bekerja serabutan," kata Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama di Balai Kota, Senin (2/11/2013).

Menurut Ahok, kondisi demikian sangat disayangkan. Sebab, para Hafal Quran sebenernya bisa dibina dan dilatih sebagai penerjemah Alquran. Selain itu, mereka juga dapat menjadi Dai bila dilatih secara berkelanjutan.

"Kan sayang. Kenapa tidak dilatih, biar bisa menerjemahkan, bukan cuma hafal. Mereka kan juga bisa jadi Dai yang bagus," ujarnya.

Terkait rencana itu, ia mengatakan akan menggandeng Pusat Studi Alquran yang didirikan mantan Menteri Agama, Quraish Shihab. Para 'Hafidz tersebut nantinya diberikan pelatihan sesuai dengan potensi dan kemampuan yang dimilikinya.

"Itu punya Quraish Shihab. Mereka banyak latih orang hafal 30 juz Quran, tapi sayangnya banyak yg tidak paham isinya. Makanya nanti dilatih, biar bisa menerjemahkan, bukan cuma hapal. Mereka bisa jadi pendakwah yang bagus," tukasnya.

Ahok melihat, Jakarta yang ditinggal warga mayoritas beragama Islam saat ini masih kekurangan pendakwah. Melalui pelatihan kepada penghafal Quran tersebut, jumlah pendakwah di Jakarta diharapkan akan bertambah.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6276 seconds (0.1#10.140)