Dokter bertindak sesuai kode etik

Rabu, 27 November 2013 - 15:10 WIB
Dokter bertindak sesuai kode etik
Dokter bertindak sesuai kode etik
A A A
Sindonews.com - Ratusan dokter yang melakukan aksi menolak kriminalisasi rekan se-profesi mereka dr Dewa Ayu Sasiary Prawani di Manado mendapat dukungan dari mahasiswa fakultas kedokteran Universitas Indonesia.

Menurut Reno Bire, salah satu mahasiswa Fakultas kedokteran UI, inti dari pelayanan dokter di seluruh Indonesia adalah kode etik dokter yang melayani pasien dengan tulus sesuai dengan keluhan pasien.

"Saya rasa semua dokter melakukan pelayanan sesuai dengan kode etik dan mereka taat dengan itu," kata Reno pada Sindonews, Rabu (27/11/2013).

Mahasiswa semester V, Fakultas kedokteran UI ini juga menuturkan dokter Ayu sudah melakukan semua tindakan medis sesuai dengan ketentuan dalam kode etik pelayanan kedokteran.

"Dia sudah berusaha maksimal. Kecuali tepat setelah memberi obat atau suntikan pasien langsung kejang dan meninggal. Tapi ini kan setelah beberapa jam kemudian," terang Reno.

Selain itu ia juga menuturkan bahwa pasien kadang tidak terima dengan hasil kerja dokter karena mereka punya harapan yang tinggi, namun ada persoalan yang diluar kemampuan mereka soal pasien.

"Saya kira ada hal lain diluar kemampuan dokter seperti kematian jadi tidak bisa semua diserahkan pada dokter karena kita bukan Tuhan," tukasnya.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5985 seconds (0.1#10.140)