Jalan ditutup, warga akan demo

Senin, 18 November 2013 - 08:56 WIB
Jalan ditutup, warga akan demo
Jalan ditutup, warga akan demo
A A A
Sindonews.com - PT Kereta Api Indonesia (KAI) diminta membuka akses penting bagi warga Jalan Pepaya RT 002/RW 007, Pondok Cina, Beji, Depok untuk beraktivitas. Karena sudah empat bulan jalur yang kerap dilalui warga sekitar ditutup.

Ketua RT 002/ RW 007 Helmi Ibrahim mengatakan, sejak ditutup empat bulan lalu warga belum mendapatkan jawaban dari PT KAI kapan jalan dibuka lagi. Padahal, warga masih bersabar menanti kepastian jawaban.

"Jika cara dialog atau kekeluargaan tidak tercapai, maka jangan salahkan masyarakat melakukan aksi demo agar membuka kembali jalan. Jalan itu dibangun oleh masyarakat secara swadaya," kata Helmi di Depok, Senin (18/11/2013).

Dikatakan dia, sejak ditutup jalan itu maka Masjid Al Ishan yang ada di jalan itu menjadi sepi. Karena jalan menuju masjid dibeton. "Sekarang sepi karena jemaah tidak ada lagi beribadah ke Masjid Al Ishan karena tidak bisa melintas, karena ditembok," keluhnya.

Dia sangat menyesalkan keputusan KAI menutup secara sepihak. Padahal, kata Helmi, warga telah membantu penumpang kereta rel listrik (KRL) untuk menggunakan akses itu. Jalan Pepaya adalah tanah warga yang selama ini memfasilitasi kebutuhan PT KAI.

"Dahulu orang ke stasiun ribet akhirnya warga memperlebar jalan itu. Warga sudah berkorban dan sekarang mau ditutup begitu saja," ucapnya.

Warga sekitar hanya meminta agar diberikan solusi supaya tetap bisa digunakan. Misalnya dengan membuat jalan setapak di belakang pagar peron arah Jakarta sampai ke perlintasan. Sehingga mahasiswa dan masyarakat tetap bisa menuju kampus UI seperti biasanya. "Satu meter saja jalan setapaknya, yang pentingkan tidak jalan di dalam peron," kata dia.

Arizal, salah satu penumpang KRL mengaku, sejak ditutup harus berputar jauh. Padahal dulu dia hanya tinggal melewati pintu kecil menuju stasiun. Dekat pintu kecil itu ada loket penjualan tiket sehingga penumpang sangat terbantu. "Saya kan tinggal di Depan Margonda, kejauhan kalau saya mutar ke sana (UI)," katanya.

Baca berita terkait:
Ditutup 4 bulan, Jalan Pepaya 'mati-suri'
(mhd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4251 seconds (0.1#10.140)