Di-planning, seharusnya waterway sudah berfungsi

Jum'at, 15 November 2013 - 10:30 WIB
Di-planning, seharusnya waterway sudah berfungsi
Di-planning, seharusnya waterway sudah berfungsi
A A A
Sindoneww.com - Ketua Dewan Wahana Lingkngan Hidup (Walhi) Ubaidillah mengatakan, sudah seharusnya angkutan sungai (waterway) itu diaktifkan kembali. Pasalnya, hal itu merupakan alat transportasi Jakarta masa depan.

"Waterway itu kan sudah di-planning dalam masa depan Jakarta dari kanal barat sampai kanal timur harusnya sudah berfungsi," kata dia saat dihubungi Sindonews, Kamis 14 November 2013 malam.

Dia mengatakan, jika perusahaan sudah sadar untuk tidak melakukan pembuangan limbah secara langsung ke kali itu akan membuat aliran air kali menjadi baik. Hal itu, kata dia, tidak hanya baik untuk waterway, tetapi memang sudah seharusnya perusahaan mempunyai Instalasi Pengelolaan Air Limbah (IPAL).

"Tidak hanya berfungsi untuk penampungan air banjir, RTH (Ruang Terbuka Hijau), penghijauan tapi transportasi waterway tapi sudah ketentuan yang harus diterapkan," pungkasnya.

Maka itu, kata Ubaidillah, petugas yang menjaga pintu air jalaur waterway harus siap mengatur debit air sungainya. Karena, kata dia, petugas harus siap mengatur debit air sungai itu supaya pas dilalui waterway.

"Tapi kalau kanalnya susah diatur kan yah kadang banjir berlebihan, kering-kering sekali, bagaimana mau dijadikan alat transportasi," tandasnya.
(mhd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3377 seconds (0.1#10.140)