Buruh ngamuk di Kantor Disnakertrans Tangerang

Kamis, 14 November 2013 - 18:47 WIB
Buruh ngamuk di Kantor Disnakertrans Tangerang
Buruh ngamuk di Kantor Disnakertrans Tangerang
A A A
Sindonews.com - Ribuan buruh yang melakukan aksi demonstrasi di Kantor Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertras) Kabupaten Tangerang, mengamuk karena rapat pleno tak juga menetapkan Upah Minimum Kabupaten Kota Tangerang.

Aksi buruh yang dimulai pukul 14.00 WIB awalnya berjalan kondusif. Buruh menunggu hasil rapat pleno dewan pengupahan untuk penentuan KHL dan UMK.

Sekira satu jam, buruh melakukan aksi unjuk rasa, kondisi pun mulai memanas. Sebab, buruh menganggap tidak juga ada keputusan dari pleno tersebut.

Tanpa ada komando, tiba-tiba setelah dorong-dorongan dengan pihak kepolisian, buruh melakukan perusakan sejumlah fasilitas kantor Disnakertrans.

Sejumlah buruh melempar batu ke arah aparat kepolisian yang berjaga-jaga. Polisi yang mencoba menenangkan aksi buruh terpaksa menembakan gas air mata, namun malah membuat buruh semakin beringas.

Bahkan setelah kaca di kantor Disnakertrans itu berserakan karena pecah, para buruh melakukan aksi sweeping terhadap pegawai Disnakertrans. Tak mau kecolongan, aparat kepolisian dengan sigap melakukan penjagaan.

Para buruh kemudian dipukul mundur petugas. Meski begitu, buruh yang sempat mundur, tetap saja melakukan aksinya. Hingga berita ini diturunkan, belum terjadi kesepakatan dalam pleno tersebut.

Koswara Ketua Aksi Buruh tersebut mengatakan, pihaknya menutut kenaikan upah 50 persen. "Tuntutan kami tak digubris, kami melakukan perlawanan," ujarnya.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5162 seconds (0.1#10.140)