Sterilisasi busway, lalu lintas Jakarta kacau

Selasa, 12 November 2013 - 12:52 WIB
Sterilisasi busway, lalu lintas Jakarta kacau
Sterilisasi busway, lalu lintas Jakarta kacau
A A A
Sindonews.com - Upaya Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta untuk mensterilkan jalur Transjakarta dengan denda tinggi nampaknya membuat pengendara takut. Sayangnya, Pemprov DKI belum siap menyediakan moda transportasi massal yang cepat dan nyaman sehingga warga tetap menggunakan kendaraan pribadi sehingga membuat lalu lintas semakin parah.

Pantauan Sindonews, Selasa (12/11/2013) di sejumlah jalan yang bersinggungan langsung dengan busway, kemacetan parah tak terhindarkan. Sejumlah kendaraan yang biasanya menyerobot busway mulai pikir-pikir karena takut dicegat polisi.

Seperti terlihat di lampu merah Ragunan, sejumlah kendaraan berebut melintas. Kendaraan dari Jalan HR Harsono (Ragunan) yang menuju Jalan Warung Buncit mulai tak berani menyerobot busway.

Akibatnya, antrean kendaraan mengular hingga menutupi lampu merah tersebut. Pengendara di Jalan TB Simatupang dari Pasar Rebo yang menuju Cilandak tak sabar dan saling berebut dengan membunyikan klakson. Begitu lepas dari lampu merah Ragunan, pengendara kembali terjebak macet di Mangga Besar, Ragunan.

Hanya lancar beberapa puluh meter, pengendara kembali harus berebut jalan begitu mendekati lampu merah Pejaten. Perbaikan jalur busway di pintu masuk busway membuat kemacetan makin parah.

Petugas polisi yang berjaga tampak kewalahan mengatur kendaraan pribadi dan busway yang melintas. Apalagi jalur tersebut menyempit tepat setelah lampu merah Pejaten.

Tak lama kemudian, pengendara kembali terjebak kemacetan sebelum lampu merah Siaga. Disini, biasanya pengendara dialihkan ke jalur busway oleh polisi yang bertugas. Namun, setelah busway disterilisasi, portal di jalur Transjakarta ditutup.

Akibatnya, kendaraan menumpuk hingga menutup lampu merah tersebut. Kemacetan makin parah karena sejumlah motor yang tak sabar melintas menutupi laju kendaraan dari arah lain. Mudah ditebak, kendaraan dari berbagai penjuru termasuk Transjakarta tak bisa melintas.

Berdasarkan pantauan TMC Polda Metro Jaya, kondisi serupa juga terlihat di beberapa ruas jalan yang bersinggungan langsung dengan jalur Transjakarta.

Kegiatan sterilisasi busway di Jalan S Parman membuat kemacetan hingga di Jalan Tol Karang Tengah arah Tomang, kemacetan di mulai dari KM 7.

Kondisi serupa juga terpantau di Jalan Gatot Subroto dan Jalan MT Haryono dari arah Polda Metro hingga cawang. Pemandangan serupa juga terlihat di arah sebaliknya.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7929 seconds (0.1#10.140)