Dinas PU: Pertumbuhan penduduk penyebab banjir Jakarta

Senin, 11 November 2013 - 15:45 WIB
Dinas PU: Pertumbuhan penduduk penyebab banjir Jakarta
Dinas PU: Pertumbuhan penduduk penyebab banjir Jakarta
A A A
Sindonews.com - Banjir yang melanda Ibu Kota Jakarta belakangan ini merupakan imbas dari tingginya pertumbuhan penduduk di DKI. Tidak hanya itu, alih fungsi tata ruang carut-marut juga salah satu penyebab banjir di Jakarta.

"Banyak faktor ya. Ada juga karena alih fungsi tata ruang, kemudian saluran air yang barangkali kapasitasnya sudah kurang karena pertumbuhan penduduk," kata Kepala Dinas Pekerjaan Umum DKI Jakarta Manggas Rudy Siahaan di Balai Kota Jakarta, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Senin (11/11/2013).

Manggas membeberkan, bangunan liar warga yang dibangun di bantaran sungai juga penyebab banjir karena membuat sempir sungai. Sebab, sesuai dengan aturan tata ruang, idealnya lebar sungai itu 20 meter.

"Misalnya kali Mampang, kali Krukut, kali Grogol, harusnya itu 20 meter, tapi di lapangan sekarang ternyata banyak yang cuma tujuh meter, dan kiri kanannya banyak bangunan," terangnya.

Terkait persoalan itu, lanjut Manggas, pihaknya akan mempercepat proses penanggulangan banjir agar tidak menjadi brand Kota Jakarta. "Ya masing-masing ada progressnya, kita percepat sampai selesai," tukasnya.
(mhd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5764 seconds (0.1#10.140)